54 MAHASISWA SEMESTER I PRESENTASI PAPER WITH ENGLISH DI KONFERENSI CISS 2020

 

 
 


 
Publikasi artikel di jurnal ilmiah menjadi primadona dunia kampus. Pendidikan tinggi di seluruh negara sedang berbalap meningkatkan publikasi ilmiah.


Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mengutus delegasi 54 Mahasiswa Semester I ke konferensi internasional. “Kita giatkan latihan menulis sejak semester awal. Konferensi merupakan wahana untuk publikasi artikel di jurnal ilmiah,” ujar Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Ungkapan tersebut disampaikan saat mewakili Rektor untuk pembukaan The 2nd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) on Islam and the Making of Religious Harmony dengan tema The Transformation of Contemporary Islamic Thoughts in The Era of New Media. Diberitakan sebelumnya konferensi internasional ke dua CISS 2020 ini diselenggarakan secara daring oleh Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung tanggal 23-27 November 2020.


Hari ini, Selasa (24/11/2020), CISS 2020 memasuki hari ke dua. Sesi II diawali Opening Remark oleh Ecep Ismail, M.Ag., Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dilanjut Plenary Session dengan menghadirkan narasumber utama Dr. Adis Duderija, Griffith University, Queensland, Australia dengan topik “The Concept of Patriarchal Honour as the Root Cause of Patriarchal Religion in Muslim Contexts and How to Overcome it.” Tampil pula narasumber pendamping, yakni Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag., UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan topik “Islamic Moderation in Sundanese Qur’anic Interpretation.” Plenary Session dipandu oleh Dr. Irma Riyani, Ph.D., Dosen Ilmu Al-Qur’an UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 

Hingga tadi malam masih berlangsung Parallel Session. Malam tadi, Senin (23/11/2020), berlangsung presentasi paper 54 Mahasiswa berjumlah 5 (lima) room. Ke 54 Mahasiswa ini baru menempuh Semester I di Jurusan Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Mahasiswa mempresentasikan 54 paper Takhrij dan Syarah Hadis Agroteknologi. Paper ini merupakan outcome (keluaran) mata kuliah Ilmu Hadis. “Semula tidak diarahkan ke konferensi. Tapi sejak awal perkuliahan telah dilakukan kontrak bahwa keluaran mata kuliah berupa publikasi di jurnal ilmiah. Ini momentum bahwa konferensi berlangsung saat full paper Mahasiswa telah selesai. Dan jalan publikasi di jurnal ilmiah salah satunya melalui konferensi,” ujar Dosen Ilmu Hadis yang enggan disebutkan namanya ini.


“Seluruhnya 94 Mahasiswa dari tiga kelas. Selebihnya masih antri full paper yang udah selesai. Tapi 54 full paper ini yang sempat direviu. Mahasiswa sangat luar biasa. Semula full paper ditargetkan rampung akhir semester. Tapi 54 full paper telah rampung di tengah semester. Sisanya 40 paper lagi masih banyak event konferensi atau bisa dikirim langsung ke jurnal ilmiah,” lanjutnya.


Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin memantau langsung sesi parallel session daring ini. “Presenter mengirim video, full paper, dan presentasi virtual. Video dan presentasi disajikan dengan Bahasa Inggris. Setiap room ada pengulas dan moderator. Saya kaget Mahasiswa Semester I mampu presentasi berbahasa Inggris. Bahkan, mereka bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengulas dengan baik,” ujar Dekan.


“Mahasiswa luar biasa! Top banget! Keren! Mereka generasi hebat,” lanjutnya di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Selasa, 24/11/2020 [Buleud].
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI