MAHASISWA UIN BANDUNG GAGAS KURSUS MENULIS ARTIKEL ILMIAH

 


 
Antusiasme menulis artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa semakin tumbuh. Mahasiswa memiliki komitmen yang luar biasa untuk melaksanakan latihan menulis artikel ilmiah.
 
Bersama ini digelar “Kursus Menulis Artikel Ilmiah” yang digagas oleh lingkungan mahasiswa. Acara ini digagas oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sabtu, 26 Desember 2020.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kelulusan kursus menulis artikel dapat dianugrahi Sertifikat setara Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Labs berperan menyiapkan kurikulum dengan menghitung jam latihan penulisan. Organisasi mahasiswa bisa menjadi pelaksana kursus menulis. Bukti kelulusan berupa Sertifikat yang setara dengan SKPI. Saat ini ada kebijakan yakni SKPI sebagai syarat kelulusan menjadi Sarjana,” ujar Dekan FU.
 
Dr. Muhlas, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FU, berharap seluruh HMJ bisa menyelenggarakan kursus menulis artikel. “Menulis artikel dan terbit di jurnal ilmiah menjadi tantangan akademisi termasuk mahasiswa. Tantangan ini hendaknya disambut oleh HMJ dengan penyelenggaraan kursus. Penulisan artikel bisa dilakukan melalui Kerjasama antara mahasiswa dan dosen,” turur Wakil Dekan.
 
Ecep Ismail, M.Ag., Ketua Jurusan IAT dan Siti Chodijah, M.Ag., Sekretaris Jurusan IAT berharap kegiatan kursus menulis di lingkungan mahasiswa sukses dan berhasil. “Publikasi ilmiah mahasiswa bersama dosen menjadi indikator prestasi,” ungkap Ketua dan Sekretaris Jurusan IAT yang keduanya tengah sibuk menyiapkan rekognisi regional melalui penilaian AUN-QA.


Dr. Irma Riyani, Ph.D., Ketua Laboratorium FU, tampil sebagai pemateri utama yang dipandu oleh Dalfa Siti Fauziah. Narasumber mengupas tuntas materi penulisan artikel ilmiah. “Paling utama mahasiswa harus memiliki giroh menulis dan sekaligus membaca. Ini sangat penting untuk memulai berlatih menulis artikel jurnal,” papar Dr. Irma Riyani, Ph.D.
 
Disampaikan efektifitas menulis sejak penentuan topik, penelusuran referensi, penulisan paragraf, dan templating. Dipaparkan pula pengiriman naskah artikel ke jurnal ilmiah. Terakhir dikemukakan paling penting komitmen untuk memulai menulis. “Buat mimpi, rencanakan kesuksesan, dan laksanakan. Mulailah menulis dari sekarang jangan ditunda-tunda lagi,” lanjut Ketua Labs FU.
 
Reza Firmasyah, Ketua Umum HMJ IAT menekankan agar panitia melakukan koordinasi kepada semua pihak. “Pelaksanakan kursus menulis untuk dikoordinasikan kepada Dekanat, Jurusan, Laboratorium, dan Dosen. Harapannya agar kursus menulis artikel ini mendapat dukungan luas demi tercapainya keberhasilan,” ungkap Ketua Umum HMJ IAT.  
 
Kursus menulis artikel diikuti 40 peserta yang tampak antusias mengikuti acara pembukaan. “Kegiatan kursus menulis direncanakan berlangsung sepekan. Kursus dimulai dengan paparan panduan sampai tuntas penulisan artikel. Di akhir kegiatan akan diumumkan juga artikel ilmiah terbaik,” tutur Sayyid Muafik Dzikri, Ketua Pelaksana didampingi Gusti Rahma Sari S., Sekretaris Pelaksana.
 
Pembukaan kursus menulis artikel berlangsung secara virtual. Acara ini disiarkan langsung dari Studio HMJ IAT FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Indonesia [Buleud].


Berita terkait: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI