Dekan Ushuluddin Menyiapkan Sumber Daya Asisten Melalui Kelas Menulis


 


 

 

Sumber daya penulisan artikel ilmiah sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi asisten dosen. Asisten sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah orang yang bertugas membantu orang lain dalam melaksanakan tugas profesional.

Profesi dosen meliputi pendidikan, penelitian, dan partisipasi masyarakat sesuai mandat Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Dosen memiliki kewajiban melakukan publikasi ilmiah dari profesi yang dijalaninya.

Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Kelas Menulis. Kelas ini berfokus melaksanakan latihan penulisan artikel ilmiah bagi sasaran publikasi di jurnal ilmiah. Peserta Kelas Menulis merupakan mahasiswa aktif.

Salah satu tujuan Kelas Menulis adalah menyiapkan sumber daya asisten dosen. Asisten dilibatkan dalam proses pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi untuk sasaran publikasi ilmiah.

Sejalan dengan hal di atas, peraturan Pendidikan Tinggi di Indonesia menghendaki terjalinnya kemitraan antara dosen dan mahasiswa. Jelas pola kemitraan yang dikehendaki oleh pemerintah ini merupakan peluang bagi mahasiswa untuk menjadi asisten.

Asisten dosen memiliki posisi formal dalam membantu tugas profesional dosen, yakni melaksanakan proses pendidikan, penelitian, dan partisipasi masyarakat secara bersama. Juga penulisan artikel ilmiah dan publikasi ilmiah secara bersama pula.

Kelas Menulis dipastikan mampu melahirkan sumber daya penulisan artikel ilmiah. Pada gilirannya, sumber daya Kelas Menulis mahasiswa berperan mengisi posisi asisten dosen. Sumber daya penulisan artikel ilmiah masih langka, dan terus disiapkan melalui Kelas Menulis, karena mereka sangat dibutuhkan.

Pernyataan di atas disampaikan Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pernyataan ini disampikan di Kantor Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 18 Januari 2021 [Buleud].

 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN