MAHASISWA HARUS BERANI

 
 


 
Kuliah menganut sistem kontrak di awal perkuliahan. "Coba harus berani negosiasi dengan dosen pengampu mata kuliah dengan mengajukan penulisan artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah sebagai pengganti pembelajaran. Dimohon perkenannya juga kiranya dosen pengampu kuliah bisa menjadi penulis pendamping dalam penulisan artikel ilmiah bersama mahasiswa," papar Wahyudin Darmalaksana di sela-sela kegiatan latihan menulis artikel ilmiah, Sabtu, 09 Januari 2021.
 
"Terlebih di era normal baru akibat dampak Covid-19. Pasti ada kontrak kuliah yang bisa dinegosiasikan secara lebih fleksibel. Juga seiring dengan agenda kampus merdeka dan merdeka belajar. Pasti ada pilihan-pilihan yang lebih efektif. Menulis artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, selain pasti sebagai latihan penerapan berpikir kritis yang menjadi tanggungjawab kampus untuk merealisasikannya, adalah subjek yang terukur dalam penilaian akademik," lanjut Wahyudin.
 
"Hanya saja perlu pelatihan bagaimana mengirim surat elektronik kepada dosen. Di pendidikan tinggi luar negeri, pelatihan berkirim surat eletronik seperti itu sangat diperhatikan menyangkut jenis, maksud, tujuan, dan contoh-contoh surat. Kesalahan redaksi, maksud, dan tujuan, terlebih hanya pemanfaatan fasilitas berbagi pesan, maka bisa menimbulkan hal yang patal. Alamat-alamat email dosen cari di Tata Usaha atau di database formal," ungkap Wahyudin Pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
“Mahasiswa harus berani belajar negosiasi untuk hal yang bisa disepakti bersama. Hal ini dalam rangka mencipta hubungan yang bukan lagi relasi dosen-mahasiswa, melankan hubungan kemitraan dan kerjasama. Saat ini kemitraan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran, penelitian (termasuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat merupakan subjek yang mendapat perhatian utama dalam peraturan pendidikan tinggi Nasional,” lanjutnya [Buleud].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN