Reviu Artikel Mahasiswa, Kadang 1 Hari Sampai 50 Email

 

 
 
Selasa, 16 Maret 2021. Sejak pukul 05.08-16.42 WIB., sudah 35 artikel mahasiswa masuk email. Kami sedang melatih mahasiswa menulis artikel ilmiah. Mereka Latihan, mengirim melalui email, dan kami mereviu sebagai feedback (umpan balik).
 
Latihan ini efektif. Mahasiswa dapat mengikuti panduan dengan baik. Kami mereviu dengan cara melihat kesesuaian antara hasil latihan dengan panduan. Panduan ini mencukup struktur penulisan sejak pendahuluan sampai kesimpulan.
 
Reviu dilakukan dalam rangka mengendalikan latihan penulisan agar sesuai dengan struktur penulisan. Juga dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan. Melalui feedback maka dipastikan kulitas penulisan meningkat, dimana peserta tidak mengulangi kesalahan teknis yang sama.
 
Mahasiswa mengirim email per-paragraf. Di paragraf pertama sering dijumpai kesalahan, terutama dalam hal kerapian. Namun, tahap demi tahap berlangsung peningkatan kualitas penulisan.
 
Latihan ini diikuti mahasiswa dari berbagai angkatan. Sebagian dari kelas formal perkuliahan dan sebagiannya lagi merupakan peserta kursus di Kelas Menulis. Hal ini sekaligus kampanye latihan penulisan artikel di lingkungan mahasiswa.
 
Mahasiswa didampingi sejak awal penulisan hingga berhasil menyiapkan naskah artikel. Bahkan, dipastikan hingga sukses terbit di jurnal ilmiah. Pada 2020 lalu, lebih dari 100 artikel mahasiswa berhasil terbit di jurnal ilmiah.
 
Ini bagian dari ikhtiyar agar mahasiswa terlatih menulis artikel ilmiah, khususnya bagi kelayakan terbit di jurnal ilmiah. Dari yang semula tidak bisa menjadi bisa. Dari tindak suka menjadi suka.
 
Satu hari pernah sampai 50 email. Ini bukti bahwa mahasiswa memiliki semangat. Mereka siap mengembangkan kapasitas tanpa batas dalam latihan penulisan artikel ilmiah. Tujuannya adalah prestasi dan penghargaan sekaligus kebanggaan.
 

Kami bergerak dalam kegiatan Kelas Menulis. Disebut pula Writing Center (Pusat Penulisan). Agenda kami beragam, seperti coaching clinic, writing camp, writing retreat, writing sprint, conference, dan lain-lain.
 
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN