Sosialisasi Templet Artikel Ilmiah

 


 

Selama satu tahun kemarin pada 2020 secara gencar dilakukan sosialisasi templet artikel ilmiah. Bahkan, templet itu terus dipraktikan di Kelas Menulis.

Ada beberapa alasan mengapa templet artikel ilmiah disosialisasikan. Pertama, penulisan artikel imiah harus mengacu templet. Penulisan artikel ilmiah tidak boleh keluar dari templet. Jika tidak mengacu templet, maka tulisan akan mengembara.

Kedua, hasil latihan menulis yang sesuai dengan templet akan ditiru oleh banyak orang dalam latihan-latihan penulisan artikel ilmiah. Karena itu, tulisan hasil latihan harus dipastikan telah mengacu templet.

Ketiga, akan dihasilkan artikel-artikel yang terstandar sesuai templet. Jika telah sampai tahap ini, maka sosialisasi templet penulisan artikel dianggap selesai. Sebab, dengan demikian, gaya penulisan artikel ilmiah telah terbentuk.

Jika sosialisasi templet telah selesai, dan telah banyak dihasilkan artikel-artikel sesuai templet, maka pada tahun-tahun ke depan giliran penguatan substasi isi artikel ilmiah.

 

Bandung, 20 Maret 2021

Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN