JPIU Menjadi Generic Template Kelas Menulis FU UIN Bandung





Kelas Menulis berpeluang menerbitkan artikel mahasiswa antara tiga sampai empat artikel per tahun. Pasalnya, kini Kelas Menulis menggandeng beberapa event konferensi dan bermitra dengan beberapa jurnal, baik nasional maupun internasional.

Ini merupakan kesempatan yang dibuka oleh Kelas Menulis sehingga mahasiswa bisa produktif melakukan publikasi ilmiah. Produktifitas ini diharapkan menjadi kelengkapan portofolio pendamping ijazah ketika lulus menjadi sarjana. Atau sebagai outcome tugas-tugas mata kuliah bagi jenjang pascasarjana.

Kelas Menulis hadir di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Di dalamnya merupakan para pegiat penulis artikel ilmiah. Juga disebut komunitas penulisan artikel ilmiah.

Khusus di Fakultas Ushuluddin, penulisan artikel ilmiah menerapkan template Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin (JPIU). Template ini dirancang bagi penulisan artikel ilmiah secara umum. Template JPIU disebut juga Generic Template.

Kelas Menulis di Fakultas Ushuluddin menerapkan Generic Template JPIU. Generic Template ini berlaku untuk penulisan artikel konferensi, artikel tugas akhir skripsi dalam bentuk artikel, dan artikel bagi pengiriman ke jurnal-jurnal mitra Kelas Menulis.

Generic Template JPIU telah terstandar yang dirancang secara bersesuaian dengan jurnal-jurnal lain. Jika penulisan digunakan Generic Template JPIU, maka hampir dipastikan artikel berpeluang besar di terima di jurnal-jurnal lain. Sebaliknya, hampir dipastikan artikel tertolak bila tidak sesuai dengan Generic Template.

Oleh karena itu, mohon "pantengin" Generic Template JPIU. Jika tidak sesuai dengan Generic Template ini, maka naskah artikel disebut di bawah standar. Bagi teman-teman mahasiswa, khususnya di Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin, gunakan Generic Template JPIU untuk produktif publikasi ilmiah.



Bandung, 29 Mei 2021

Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis di FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

60 Ranking Perguruan Tinggi Di Indonesia