TEOLOGI TEMPLATE

 




Teologi adalah nalar agama, spiritualitas, dan Tuhan. Template ialah format baku yang tidak perlu diciptakan lagi ketika akan digunakan.

Manusia diciptakan Tuhan dalam dua bagian, tubuh dan ruh. Mula-mula bakal tubuh kemudian ditiupkan ruh. Tubuh dan ruh merupakan keterpaduan.

Tubuh mencakup segenap organ. Sedangkan ruh meliputi akal, hati, dan sir (rahasia Ilahi).
Manusia berkualitas bergantung pengelolaan ruh sesuai kapasitas tubuh. Manusia beragama akan memiliki iman, spirit, dan keterhubungan dengan Yang Maha Tinggi.

Istilah template dikenal di dalam artikel jurnal ilmiah. Seperti manusia, artikel ilmiah pun dibagi dua, yakni tubuh (bagian-bagian) dan substansi (ruh).

Template artikel jurnal mencukup tubuh dan substansi. Tubuh artikel meliputi pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, dan simpulan. Sedangkan substansi meliputi originalitas, signifikansi, kebaruan, kontribusi, dan citra rasa.

Template artikel jurnal ilmiah tidak boleh diubah. Mencipta artikel ilmiah harus sesuai template. Adapun substansi artikel bergantung kualitas sesuai tubuh artikel.

Template jurnal harus diimani untuk mencipta artikel yang penuh keyakinan, memiliki nilai spirit [yang mencerahkan], dan berusaha menggapai ketinggian. Ini yang disebut dengan "Teologi Template."

Wahyudin Darmalaksana, Minggu, 13 Juni 2021

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN