Dede Mardiana, S.Ag., Berhasil Sidang Artikel Ilmiah Perdana dan Lulusan Perdana pada Jurusan Ilmu Hadis Angkatan 2017

 



Di masa pandemi tugas akhir untuk meraih gelar sarjana bisa dalam bentuk lain. Seperti buku secara utuh, artikel ilmiah, atau lainnya.
 
Diberitakan sebelumnya, Rabu, 23 Juni 2021, total 26 Mahasiswa Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menempuh munaqasyah Tugas Akhir dalam Bentuk Lain (TA-DBL). Berupa Buku ISBN, Artikel Ilmiah, dan Making Product.
 
Ketentuan ini didasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI. Nomor: B-759/DJ.I/Dt.I.III/04/2020, tanggal 11 April 2020. Menindaklanjuti hal ini, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menayangkan Surat Edaran Rektor Nomor: B-531/Un.05/1.1/PP.00.9/05/2020, tanggal 14 Mei 2020. Di Surat Edaran ini disebutkan, TA-DBL meliputi buku secara utuh, artikel jurnal, dan atau making product.
 
FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah meluluskan 11 sarjana melalui TA-DBL berupa artikel ilmiah. Ditambah 1 Orang TA-DBL Buku ISBN, 1 Orang TA-DBL Making Product, dan 13 Orang TA-DBL Artikel Ilmiah. Mereka menjalani sidang Munaqasyah, Selasa 29 Juni 2021.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU didampingi jajaran Wakil Dekan menyampaikan ucapan selamat. “Selamat menyandang Gelar Sarjana bagi seluruh peserta sidang Munaqasyah, baik Skripsi maupun TA-DBL,” ujarnya di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis, 01 Juli 2021.
 
Secara khusus, Dr. Agus Suyadi Raharusun, Lc., M.Ag. Ketua Jurusan Ilmu Hadis, didampingi Dr. H. Reza Fahlevi Dalimunthe, M.Ag, Sekretaris Jurusan Ilmu Hadis, memberikan apresiasi kepada seorang lulusan dari Jurusan Ilmu Hadis. Ia merupakan mahasiswa lulusan perdana dari Angkatan Tahun 2017.


Dede Mardiana, S.Ag., tercatat menjadi lulusan perdana di Jurusan Ilmu Hadis dari Angkatan 2017. Ia juga merupakan peserta perdana dari Jurusan Ilmu Hadis pada Sidang Munaqasyah TA-DBL artikel ilmiah. Ia menulis artikel ilmiah berjudul: “Rasulullah SAW dan Pencegahan Wabah Penyakit: Studi Tematik Hadis Pencegahan Covid-19.” 

Penulisan artikel ini didampingi oleh Dr. Badri Khaeruman, M.Ag. selaku Dosen Pembimbing Akademik. Sedangkan Irwan Abdurrahman, M.Ag. dan Drs. M. Sholahudin, M.Ag. bertindak sebagai penguji artikel ilmiah. Dede Mardiana, S.Ag. meraih nilai A dengan predikat Lulus.
 
Saat di Semester VI Tahun 2020, Dede Mardiana, S.Ag. juga berhasil melakukan publikasi artikel ilmiah di jurnal Nasional Terakreditasi berjudul: "Relevansi Syahid Ma'nawi dengan Peristiwa Pandemi Covid-19: Studi Matan Pendekatan Ma'anil Hadis." Publikasi artikel ilmiah ini merupakan capaian (output) mata kuliah Metode Penelitian Hadis.
 
“Sidang Munaqosyah dari Jurusan Ilmu Hadis hanya diikuti oleh seorang mahasiswa, yakni Dede Mardiana. Ini perdana dari angkatan 2017 dan perdana sidang TA-DBL artikel ilmiah di Jurusan Ilmu Hadis. Tentu kami sangat mengapresiasi dan patut memberikan ucapkan selamat untuk Dede Mardiana, S.Ag. Juga kami sedang terus mendorong para mahasiswa agar segera melaksanakan Sidang Munaqasyah,” ungkap Dr. Agus Suyadi Raharusun, Lc., M.Ag. didampingi Dr. H. Reza Fahlevi Dalimunthe, M.Ag., Kamis, 01 Juli 2021.
 
“Saya menghaturkan terimakasih kepada semua dosen yang telah membimbing dalam berbagai hal. Hingga saya bisa menyelesaikan tugas saya selaku mahasiswa. Semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi pribadi dan umat di masyarakat luas. Juga saya sangat berterimakasih pada keluarga serta teman-teman yang senantiasa memberi semangat,” tutur Dede Mardiana, S.Ag. saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis, 01 Juli 2021 [Widodo].
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN