Kuliah Agar Bisa Menulis Skripsi?

 

Apakah tujuan kuliah agar bisa menulis skripsi? Bukan hanya itu tujuannya. Tujuan kuliah ada tiga menurut profil lulusan program studi, yaitu: 1) Kemampuan sikap; 2) Kemampuan pengetahuan; dan 3) Kemampuan keterampilan akademik. Skripsi hanya salah satu syarat saja. Namun, mahasiswa tidak bisa lepas dari skripsi untuk meraih gelar sarjana. Oleh karena itu, penulisan skripsi mesti dibarengi latihan-latihan selama masa kuliah. Sehingga pada gilirannya mahasiswa bisa menulis skripsi sejalan perkuliahan.
 
Seluruh mata kuliah yang disajikan terkait dengan skripsi. Di perkuliahan disampaikan bagaimana ilmu pengetahuan terbetuk dan bagaimana ia dikembangkan. Pengembangan ilmu pengetahuan pasti ditopang metodologi yang juga terus berkembang. Diawali dari ide, gagasan, dan pandangan hingga terbentuk konsep-konsep dan teori-teori ilmu pengetahuan. Ada tiga hal yang dapat dipahami dari bidang ilmu, yakni: 1) Bagaimana ilmu pengetahuan terbentuk; 2) Bagaimana ia dikembangkan; dan 3) Bagaimana pengamalan, aktualisasi, aplikasi, dan implementasi dari ilmu pengetahuan tersebut.
 
Penulisan skripsi menjadi peluang sangat penting bagi mahasiswa dalam menunjukkan kemampuan menerapkan pendekatan untuk mendapat pengetahuan. Karena itu, penting ketika kuliah diperhatikan tiga hal dalam cara belajar, yaitu: 1) Mengetahui; 2) Memahami; dan 3) Mengerti. Mengetahui berarti tahu seluk-beluk bidang ilmu. Memahami berarti paham konsep-konsep dan teori-teori bidang ilmu. Mengerti berarti tahu dan paham pada bidang ilmu tersebut sehingga orang tergerak menerapkan pendekatan yang relevan untuk melakukan pengkajian, pembahasan, dan penelitian.
 
Bisa menulis skripsi pasti karena kuliah, meskipun kemampuan menulis skripsi bukan satu-satunya tujuan kuliah. Pastinya, orang kuliah wajib menulis skripsi. Jangan-jangan kuliah 3-4 tahun agar mahasiswa bisa menulis skripsi. Oleh karena itu, penting diperhatikan cara belajar tadi. Selebihnya, tugas-tugas mata kuliah dalam bentuk makalah adalah penelitian mini (mini research) sebagai pembelajaran (latihan) bagi penguatan kemampuan mahasiswa menulis skripsi.
 

Bandung, 03 Juni 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN