PERANG MELAWAN COVID

 


Musuh bersama ini tidak terlihat. Ia hanya bisa dideteksi ketika tiba-tiba menyerang orang. Bahkan, beberapa kasus ia menyerang orang tanpa gejala (OTG).

Sudah sepatutnya kita menabuh genderang perang melawan Covid. Semua mesti siaga dengan tetap tenang. Semoga semua dijauhkan dari Covid. Semua orang tidak boleh jatuh karena Covid. Semua kita harus menang melawan Covid.

Jika ada serangan, jangan panik. Lakukan test Antigen. Lebih yakin lagi test PCR. Diharapkan semua kita tidak terpapar. Jika dinyatakan positif, terapkan strategi perang.

Pertama, lihat berapa CT hasil PCR. Kedua, cek saturasi oksigen. Diharapkan ukuran CT tidak di bawah. Dan pastikan saturasi oksigen normal. Covid kerap mengganggu saluran penafasan. Hingga penderita dirasakan sesak nafas.

Jika mengalami drop, larikan orang terpapar ke rumah sakit. Diharapkan hal ini tidak sampai terjadi. Rumah sakit bisa diperoleh dari rujukan tenaga kesehatan setempat. Mula-mula lapor bila ada anggota keluarga yang terpapar. Tenaga kesehatan setempat pasti melakulan pemantauan berkala secara serius.

Ribuan orang selamat dari Covid. Syaratnya jangan panik, mesti tetap tenang. Jika terdampak, jangan stress. Siapkan asupan makanan, minum air putih hangat, dan vitamin. Serta anjuran lainnya dari petugas kesehatan Covid.

Covid pada beberapa kasus tidak mengganggu selera makan. Pada beberapa kasus akhir-akhir ini Covid hingga menghilangkan selera makan. Karena itu, asupan mesti diupayakan, tegasnya dipaksakan. Juga berjemur terik matahari pukul 09.00-11.00 WIB.

Di atas semua itu paling utama semangat, motivasi, dan tekad bulat untuk sembuh. Katakan di dalam hati pasti sembuh. Ini senjata paling ampuh memusnahkan infeksi Covid. Bersamaan dengan asupan, semangat mesti dibangkitkan.

Tuhan telah menyediakan imun di tubuh kita. Ini amunisi paling hebat amunisi paling canggih untuk mengusir dan mengalahkan Covid. Jika asupan terjaga dan semangat dipacu, maka imun pasti bangkit. Imun memiliki kemampuan membombardir Covid.

Dengan keyakinan kepada Tuhan bersama tim medis, pastikan kita menang perang melawan Covid.

Saat ini saya sedang pendampingan orang. Sejak dinyatakan positif 6 Juli 2021, kini kondisinya berangsur pulih, 15 Juli 2021. Semua yang terpapar semoga lekas sembuh, yakin sembuh dan pasti sembuh. Semua kita harus sehat, tidak boleh sakit dan jangan sakit. Jika terasa lelah, segera istirahat!

Hasil PCR saya sendiri dinyatakan negatif 13 Juli 2021, setelah satu pekan mendampingi orang terpapar. Memupuk percaya diri penting seraya terus meningkatkan imun dalam perang melawan Covid dengan tetap mematuhi secara ketat protokol kesehatan.

Tulisan kecil ini hanya secuil pengalaman dari peperangan melawan Covid, musuh bersama kita. Selebihnya pastikan untuk mengakses informasi resmi dari pemegang otoritas. Terutama dari petugas kesehatan Covid Indonesia.

Selamat menjalani masa PPKM bersama keluarga tercinta di rumah. 

Al-Fakir
Wahyudin Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN