Kursus Menulis Level 2: Belajar Submit Artikel Ke Jurnal Ilmiah

 


 
Kita udah belajar menulis artikel level 1. Level 1 meliputi pengenalan template, penerapan aplikasi pengutipan (Mendeley), dan praktik pengiriman artikel ke jurnal ilmiah.
 
Model penulisan kita unik. Yaitu memadatkan skripsi menjadi artikel. Basisnya tetep proposal meliputi latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat hasil penelitian, kerangka berpikir, hasil penelitian terdahulu, tinjauan pustaka, dan metodologi penelitian. Selanjutnya, hasil penelitian dan pembahasan serta penutup (simpulan).
 
Dari latihan ini mahasiswa mengenal banyak hal. Pertama, struktur penulisan skripsi dan penelitian pada umumnya. Kedua, susunan penulisan artikel ilmiah. Ketiga, selebrasi ketika artikel terbit di jurnal ilmiah.
 
Saat ini dibutuhkan kursus menulis level 2. Level 2 ini memiliki beberapa tahap. Pertama, pencarian sasaran jurnal ilmiah beserta peringkatnya. Kedua, mempelajari template jurnal sasaran berikut tujuan dan lingkup jurnal. Ketiga, penulisan artikel sesuai template jurnal dimaksud. Keempat, pengiriman (submission) naskah artikel ke jurnal sasaran.
 
Meskipun ada ketentuan umum penulisan artikel, namun masing-masing jurnal selalu memiliki gaya tersendiri. Pada kursus menulis level 2 ini, penulisan artikel sesuai template jurnal sasaran menjadi fokus utama.
 
 
Bandung, 03 Agustus 2021
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN