Susunan Penulisan Hasil Penelitian

 





ABSTRAK
Abstrak meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan simpulan.
 
KATA KUNCI
Minimum tiga dan maksimum lima kata kunci disusun sesuai urutan alphabet.
 
PENDAHULUAN
Latar Belakang Penelitian
Bagian ini mengemukakan fenomena, isu atau permasalahan yang muncul di lapangan. Selanjutnya, latar belakang yang bersifat fenemenologis tersebut dikritisi dengan menggunakan teori atau konsep sebagai latar belakang teoritis. Kedua latar belakang ini diolah hingga memunculkan permasalahan yang menjadi alasan mendasar perlu dilakukannya penelitian.
 
Rumusan Masalah Penelitian
Bagian ini memuat dua hal. Pertama, masalah utama sesuai dengan latar belakang masalah penelitian. Kedua, pertanyaan penelitian selaras dengan masalah utama penelitian.
 
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Peneliti menjelaskan orientasi spesifik yang menjadi tujuan penelitian. Sedangkan manfaat mencakup dua hal. Pertama, manfaat teoritis berhubungan dengan perkembangan ilmu pengettahuan. Kedua, manfaat praktis berhubungan dengan kontribusi hasil penelitian terhadap kemaslahatan masyarakat.
 
Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir adalah persepsi atau pemikiran peneliti mengenai aspek yang diteliti, bukan latar belakang penelitian. Lalu, persepsi atau pemikiran ini diverifikasi dengan menggunakan teori atau konsep hingga menghasilkan paradigma penelitian. Peneliti hendaknya menemukan paradigma penelitian dari hasil proses berpikir yang digambarkan dalam bentuk peta konsep yang menuntun peneliti dalam melaksanakan tahap-tahapan penelitian hingga diperoleh hasil penelitian.
 
Hasil Penelitian Terdahulu
Bagian ini memuat kajian laporan hasil penelitian di masa lalu. Tinjauan hasil penelitian terdahulu ini diperlukan untuk memastikan bahwa penelitian yang dilakukan bukan duplikasi. Peneliti mengemukakan perbedaan aspek penelitian sekarang dengan hasil penelitian di masa lalu.
 
Tinjauan Pustaka
Bagian ini memuat uraian kritis dan sistematis mengenai aspek yang diteliti dengan menggunakan teori atau konsep. Hasil kajian teoritis dan konseptual ini digunakan sebagai acuan dalam menganalisis dan menyimpulkan data hasil penelitian.
 
METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian mencakup empat bagian, yaitu: 1) Pendekatan dan metode penelitian; 2) Jenis dan sumber data; 3) Teknik pengumpulan data; dan 4) Teknik analisis data.
 
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Deskripsi Data
Peneliti menyajikan hasil analisis dalam bentuk deskripsi data yang dapat disajikan dalam bentuk tabel yang dilengkapi dengan interpretasi data.
 
Pembahasan Hasil Penelitian
Bagian ini berisi pembahasan naratif mengenai data yang telah dianalisis. Dalam mendiskusikan hasil penelitian, peneliti menggunakan pisau analisis kajian pustaka. Sehingga memberikan pemahaman yang benar mengenai aspek yang diteliti. Dengan demikian, hasil penelitian berupa penawaran gagasan menjadi tepat sesuai kebutuhan masyarakat.
 
Penawaran Gagasan
Penawaran gagasan bersifat realistis sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
 
Kebaruan dan Orisinalitas
Kebaruan dan keaslian merupakan state of the art karya ilmiah. Kebaruan dan keaslian dapat mencakup temuan atau metode dibanding penelitian yang telah ada.
 
PENUTUP
Simpulan
Simpulan dikemukakan dengan singkat, tepat, dan padat berkaitan langsung dengan tujuan penelitan. Sebagai jawaban atas pertanyaan penelitian. Simpulan hendaknya mengintisarikan ketercapaian tujuan penelitian, bukan ringkasan atau rangkuman. Ia berupa natijah yang bersifat reflektif dari hasil penelitian dan pembahasan.
 
Saran
Peneliti menyampaikan keterbatasan opresionalisasi penelitian dan merekomendasikan penelitian lebih lanjut.
 
 
Bandung, 08 Agustus 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN