Mahasiswa Peserta Latihan Penulisan Artikel manfaatkan Umpan Balik secara Efektif

 


 
 
Latihan penulisan artikel memberi penguatan pada strategi feedback (umpan balik). Peserta pelatihan mengirim kemajuan penulisan artikel melalui email. Tutor memberikan umpan balik.
 
Tutor mengacu pada pedoman. Pedoman diposisikan sebagai acuan bersama antara tutor dan peserta pelatihan.
 
Mula-mula pedoman penulisan artikel disampaikan kepada peserta pelatihan. Pedoman ini meliputi tahapan sejak pedahuluan, pembahasan, dan abstrak. Peserta pelatihan mulai mengerjakan penulisan tahap demi tahap. Tiap tahap dikirim ke email untuk mendapatkan feedback.
 
Peserta memanfaatkan feedback secara efektif. Kemampuan keterampilan peserta meningkat tiap tahap. Beberapa kesalahan teknis di tahap pertama berusaha tidak terulang di tahap berikutnya.
 
Tiap tahapan dikerjakan sangat cepat. Beberapa peserta tuntas merampungkan tahapan hanya tiga hari. Seluruh peserta mengalami kemajuan. Hal ini ditempuh oleh para mahasiswa peserta Kelas Menulis.
 
Sebanyak 87 mahasiswa tergabung di Kelas Menulis. Semuanya merupakan utusan Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia.
 
Kelas Menulis digelar oleh Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi (KPP) Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI. “Peserta diarahkan menjadi Duta kepenulisan di masa depan,” ungkap Wahyudin Darmalaksana, Ketua Bidang KPP, Sabtu, 06/11/2021 [Widodo].
 
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH