Pembukaan dan Perkenalan Mahasiswa Peserta Kelas Menulis pada Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI Se-Indonesia

 



Penguatan kapasitas keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah menjadi perhatian Forum Dekan Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia. Mahasiswa didorong agar memiliki pengalaman melakukan publikasi artikel di jurnal ilmiah.
 
Pembukaan agenda Kelas Menulis berlangsung melalui Zoom, Rabu, 03 November 2021. Kelas Menulis diselenggarakan oleh Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI Kementerian Agama Republik Indonesia.
 

Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang, Penasehat Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia menyampaikan arahan. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan forum di Semarang. Kami mengapresiasi para Dekan yang telah mengirim utusan mahasiswa untuk mengikuti Kelas Menulis. Diharapkan kegiatan ini berjalan lancar dan berhasil,” ungkap Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag.


Dr. Yusuf Rahman, MA., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ketua Umum Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia, memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara. “Semoga agenda ini berhasil untuk kemudian kita selenggaran gelombang berikutnya. Terlihat peserta begitu antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Selamat untuk seluruh mahasiswa yang ditunjuk oleh Dekan untuk menjadi peserta Kelas Menulis,” ungkap Dr. Yusuf Rahman, MA.


Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Ketua Bidang Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia, melaporkan agenda kegiatan. “Kegiatan ini akan berlangsung sepekan intensif melalui online. Pserta telah bergabung 88 Orang dan masih ada yang belum tergabung,” ungakap Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. didampingi Dr. Muhsin Mahfudz, M.Th.I., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar, Wakil Ketua Bidang Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi.


Materi kegiatan ini meliputi Struktur artikel, Aplikasi references, Detok Your Writing, How to Fix Your Academic Writing Trouble, How Can You Avoid Plagiarism, dan Submission. Sedangkan Meode Pembelajaran melalui The student's views and the tutor's feedback dan Online collaborative writing.


Tampak hadir mengikuti kegiatan pembukaan para Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia. Juga para undangan dan peserta Kelas Menulis yang merupakan untusan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia.

 

Adapun struktur Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia, yakni Dr. Benny Ridwan, M.Hum., Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora IAIN Salatiga; Dr. M. Khusna Amal, M.Si., Dekan FUAH UIN Jember; Dr. Hajam, M.Ag., Dekan Fuad IAIN Syekh Nurjati Cirebon; Dr. Islah Gusmian, S.Ag., M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta; Dr. Umar Bukhory, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura; Dr. Andri Ashadi, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang; dan Dr. Edi Gunawan, M.H.I., Dekan FUAD IAIN Manado.
 
Acara pembukaan berjalan lancar yang dilanjut pada sesi perkenalan seluruh utusan dan pengarahan teknis kegiatan Kelas Menulis. Tema kegiatan ini adalah “Menyiapkan generasi hebat untuk mengisi Indonesia Emas Tahun 2024” [Widodo].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH