Kelas Menulis FORDEK Ushuluddin Gelar Workshop Mendeley, Empat Peserta Tuntas Menulis Naskah Artikel

 



Kelas Menulis tengah diselenggarakan oleh Forum Dekan (FORDEK) Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia. Kelas Menulis merupakan garapan Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi FORDEK Fakultas Ushuluddin.
 
Kelas ini diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kapasitas keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Serta akselerasi publikasi artikel mereka di jurnal ilmiah. Peserta Kelas Menulis merupakan utusan mahasiswa Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia. Tergabung di dalam Kelas Menulis sebanyak 87 mahasiswa.


Kelas Menulis dilaksanakan Rabu-Minggu, 03-07 November 2021. Workshop Mendeley bagi peserta Kelas Menulis berlangsung melalui Zoom pada hari Kamis, 04 November 2021. Busro, M.Ag., tampil sebagai fasilitator pada workshop ini. “Ini merupakan tahapan Kelas Menulis. Peserta diarahkan untuk menerapkan aplikasi pengutipan dalam melakukan sitasi,” papar Busro, M.Ag. 
yang juga merupakan tutor di Kelas Menulis.
 
“Beberapa peserta telah mengenal dan telah menerapkan Mendeley. Tapi beberapa peserta yang lain ada yang baru menggunakannya. Workshop ini dimaksudkan agar seluruh peserta secara seragam memiliki kemampuan praktis dalam penggunaan aplikasi pengutipan,” lanjut Busro, M.Ag. didampingi Muhammad Yoga Firdaus, Hidayatul Fikra, dan Vera Susanti dari Tim Kelas Menulis. 
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Ketua Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi FORDEK Fakultas Ushuluddin (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan, “Kelas Menulis menyiapkan 10 tahapan. Tahapan ini meliputi penulisan pendahuluan, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan, dan abstrak.”
 
“Mahasiswa peserta Kelas Menulis sangat akseleratif dalam menunaikan tahapan. Juga utusan mahasiswa ini mulai adaptif dalam penggunaan aplikasi Mendeley. Bisa juga digunakan pengutipan manual, tapi aplikasi pengutipan otomatis lebih rapi dan lebih cepat,” tutur Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. didampingi Dr. Muhsin Mahfudz, M.Th.I., Wakil Ketua Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi FORDEK Fakultas Ushuluddin.

"Seluruh utusan mahasiswa tampak akseleratif mengerjakan tahap demi tahap. Tiap tahap memang cukup berat. Namun hal ini ditempuh dengan bahagia. Jadi yang semula berat dirasakan menjadi ringan," pungkasnya. 
 
Sampai hari ke tiga, Jum’at, 05 November 2021, sebanyak empat mahasiswa telah tuntas penulisan naskah artikel. Mereka adalah Ahmad Yani, Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Pontianak; Try Bunga Firma, Jurusan Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama, UIN Imam Bonjol Padang; Eka Mulyo Yunus, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (Tafsir dan Hadits), Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, UIN Walisongo Semarang; dan Muria Khusnun Nisa, Jurusan Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.



Keempat peserta ini segera memasuki tahap RE-SEE, yakni agenda bantuan untuk melihat kembali naskah artikel area mana yang perlu diperluas, dipotong, dan ditata. RE-SEE melibatkan ahli bidang ilmu untuk menjadi penulis pendamping publikasi artikel di jurnal ilmiah.


Selalu tampak memantau agenda Workshop Mendeley. Antara lain Dr. Yusuf Rahman, MA., Ketua Umum dan Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag., Penasehat serta Dekan-Dekan yang tergabung di dalam FORDEK Ushuluddin PTKI se-Indonesia. Di tengah kesibukan para Dekan terus memantau kelangsungan agenda Kelas Menulis,
Sabtu, 06/11/2021 [Widodo].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH