Tingkat Kesulitan Modul Kelas Menulis FORDEK Ushuluddin PTKI se-Indonesia

 
 


Menulis artikel memang tidak mudah. Beberapa penulis mengakui tingkat kesulitan menulis artikel. Terlebih lagi bagi kalangan mahasiswa jenjang sarjana yang dapat dikatakan sebagai penulis pemula.
 
Tingkat kesulitan penulisan artikel terletak pada struktur. Di dalam penulisan pendahuluan saja terdapat beberapa bagian. Seperti latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat hasil penelitian, kerangka berpikir, permasalahan utama (hipotesis bila dalam penelitian kuantitatif), hasil penelitian terdahulu, dan tinjauan pustaka.
 
Selain itu, bagian metodologi penelitian. Hal ini meliputi pendekatan dan metode penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan tempat serta waktu penelitian (khusus bagi penelitian lapangan atau labs).
 
Ditambah lagi bagian hasil penelitian dan pembahasan (discussion). Bagian ini meliputi deskripsi data dan pembahasan hasil penelitian. Terakhir kesimpulan mencakup hasil akhir, implikasi manfaat, keterbatasan, dan rekomendasi.
 
Tidak sampai di situ, penulis harus menyusun abstrak dan kata kunci. Bagian abstrak meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan rekomendasi.
 
Secara teknis, penulisan artikel harus menerapkan aplikasi pengutipan, cek akurasi sumber kutipan, menghindari plagiasi dengan toleransi maksimum similarity 15%, mencari sasaran jurnal, menyesuaikan penulisan dengan gaya selingkung jurnal, dan pengiriman artikel (submission) ke jurnal ilmiah. Ini belum dihitung dengan revisi bila terdapat perintah revisi dari editor jurnal.
 
Namun, semua hal di atas sekaligus merupakan tantangan. Tantangan yang harus ditempuh. Tantangan ini diambil oleh Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi (BKPP) Forum Dekan (FORDEK) Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia.
 
Bidang ini menggelar Kelas Menulis. Modul penulisan artikel disusun. Modul ini tidak mereduksi bagian-bagian artikel. Tidak menghilangkan salah satu bagian dari ketentuan artikel ilmiah. Modul ini membantu peserta mampu menulis melalui cara berpikir tersusun.
 
Modul Kelas Menulis bukan memudahkan atau menyederhanakan. Tetap penulisan artikel merupakan perkara yang tidak mudah. Modul ini berusaha mengurai sesuatu yang kompleks dalam penulisan artikel menjadi bisa dikerjakan oleh siapa pun termasuk penulis pemula melalui tahapan.
 
Kelas Menulis menghimpun 87 mahasiswa yang merupakan utusan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia. Tiap mahasiswa melakukan penulisan tahap demi tahap secara fokus dan serius. Dalam tiga hari sebanyak 5 mahasiswa telah menyelesaikan seluruh tahapan. Sebagian yang lain tengah melakukan progress untuk project penulisan artikel ini. Sehingga kemajuan tahapan penulisan tiap waktu terus bertambah.
 
Melihat kenyataan ini, dipastikan seluruh peserta bisa menyelesaikan penulisan. Dipastikan pula artikel mahasiswa tembus publikasi di jurnal ilmiah. Di antarnya tidak menutup kemungkinan memenuhi kelayakan diterima di jurnal terakreditasi nasional Sinta (Science and Technology Index) peringkat 2, Sinta 2.
 
Sebab, penulisan yang baik (elok, apik, rapi, tertib) dan benar (menurut pedoman) telah ditempuh. Sedangkan tingkat kedalaman substansi isi pasti sangat tergatung pada pendamping dari ahli bidang keilmuan.
 
Tentu saja semua ini tidak terlepas dari motivasi dan kesungguhan mahasiswa serta support para Dekan yang tergabung di FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI. Jelas publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah merupakan kebanggaan semua.
 
 
Bandung, 06 November 2021
Wahyudin Darmalaksana, Ketua BKPP FORDEK Fakultas Ushuluddin PTKI
 
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH