-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sentra Publikasi Indonesia Membuka Kemitraan Strategis Tahun 2022

Friday, December 31, 2021 | 2:45:00 PM WIB Last Updated 2022-11-15T13:54:52Z
 


BANDUNG – Sentra Publikasi Indonesia (SPI) adalah lembaga profesional dalam bidang pelatihan kepenulisan artikel ilmiah, manajemen penyelenggaraan konferensi, dan pengelolaan jurnal ilmiah. SPI sedang roadshow menjalin kemitraan strategis dengan berbagai pendidikan tinggi, lembaga, dan institusi terkait.
 
Berikut ini sekilas pengalaman SPI. Sejak tahun 2020, SPI menjalin kerjasama strategis dengan Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam agenda peningkatan publikasi ilmiah. FU dan SPI mendirikan Writing Center yang lebih dikenal dengan "Kelas Menulis" khusus untuk mahasiswa.
 
Kelas Menulis yang didirikan oleh FU dan SPI berperan memberikan fasilitas latihan penulisan artikel ilmiah, keterlibatan dalam penyelenggaraan konferensi, dan publikasi artikel di jurnal ilmiah. Juga membuka fasilitas magang pengelolaan jurnal ilmiah berbasis Open Journal System (OJS).
 
Kelas Menulis turut membidani kelahiran Gunung Djati Conference Series, Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin dan Jurnal Riset Agama. Juga Kelas Menulis terlibat mengusung beberapa konferensi, seperti Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) untuk mahasiswa, Conference on Ushuluddin Studies (CoUS), dan Conference on Chemistry and Hadith Studies (CCHS).
 
Selain itu, Kelas Menulis memasilitasi publikasi artikel ilmiah mahasiswadi jurnal internasional. Sampai akhir tahun 2021, Kelas Menulis berhasil mendorong capaian publikasi ilmiah mahasiswa sebanyak 458 artikel.
 
Kelas Menulis juga menjalin bekemitraan dengan Bidang Kerjasama Penelitian dan Publikasi (KPP) Forum Dekan (FORDEK) Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia.
 
Kelas Menulis bersama KPP menyelenggarakan beberapa kegiatan. Pertama, pelatihan kepenulisan artikel ilmiah dengan peserta sebanyak 87 mahasiswa delegasi PTKI. Kedua, penyelenggaraan Academic Writing Competition on Islamic Studies (AWCIS). Ketiga, pengiriman delegasi mahasiswa sebagai presenter pada agenda CISS 2021. Keempat, publikasi artikel di jurnal ilmiah kategori kolaborasi riset mahasiswa lintas pendidikan tinggi.
 
Berpengalaman di dalam pelaksanaan agenda akselerasi publikasi ilmiah, SPI bermaksud mengajukan penawaran kerjasama strategis lebih luas lagi. Penawaran kerjasama dapat diakses di link ini: Proposal Workshop Publikasi Artikel Ilmiah.
 
Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., merekomensaikan “Teramat penting pendidikan tinggi menjalin kemitraan strategis dengan lembaga profesional.”
 
Dekan ungkapkan bahwa berkat kermitraan bersama SPI, Sentra Publikasi Indonesia, dihasilkan capaian yang signifikan. “Kami memiliki capaian signifikan dalam publikasi ilmiah mahasiswa berkat kerjasama strategis ini,” pungkas Dekan di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Jum’at, 31/12/2021 [Widodo].

×
Berita Terbaru Update