Kurikulum Lama Harus Diubah karena Siap memasuki Dunia Kerja menjadi Syarat Utama Lulusan Sarjana menurut Kurikulum MBKM

 


 
Arah kebijakan menetapkan agar program studi menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Target utama kurikulum ini agar lulusan jenjang sarjana memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja.
 
Prof. Dr. Bambang Qomaruzzaman, M.Ag. memetakan penerapan kurikulum MBKM, yakni tiga semester mata kuliah wajib, dua semester mata kuliah program studi, satu semester lintas, dan dua semester magang.
 
Guru Besar Ilmu Kebijakan Pendidikan ini menyarankan agar program studi melakukan “perombakan” kurikulum. “Mata kuliah Critical Thinking agar dikuatkan di program studi,” tutur Bambang. Hal ini dimaksudkan agar lulusan memiliki kemampuan melakukan observasi masalah. “Bahan kajian menjadi mata kuliah bila penyajian membutuhkan 14 kali pertemuan,” lanjut Bambang didampingi Adi Kurnia, Ahli Stategic Planning dan Konsultan Kurikulum MBKM.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, segera akan melakukan konsolidasi bersama jajaran dekanat dan Jurusan. “Kita akan tinjau profil lulusan di jurusan,” ungkap Dekan. Jurusan akan memiliki Standar Kompetensi Lulusan (SKL) berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6.
 
Bahan kajian akan dilihat kontribusinya terhadap Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Jurusan. CPL Jurusan akan dibebankan dengan cara dibagi habis pada sebaran mata kuliah. Secara spesifik, CPL Jurusan akan dijabarkan di dalam Capaian Pembelajaran Mata kuliah (CPMK). CPMK akan dijabarkan secara lebih terukur pada Sub-CPMK di tiap tahap pembelajaran.
 
Kurikulum MKBM harus memastikan lulusan memiliki kesiapan memasuki dunia kerja. Konsekuensinya, kurikulum lama harus dirombak. Itulah diskusi yang berlangsung di ruang Dekan Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 07/02/2022 [Widodo].

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH