Mahasiswa Harus Dekat dengan Template






Saat ini adalah era di mana informasi amat melimpah. 

Menurut Menteri Agama RI, pada Seminar Indonesia Emas 2045 yang diselenggarakan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui daring tanggal 21 Juni 2022, di masa lalu orang sukses itu yang memiliki informasi. Saat ini ketika informasi sangat melimpah yang dibutuhkan adalah kerangka berpikir untuk menganalisis informasi tersebut secara kritis.

Ungkapan di atas relevan dengan pentingnya mahasiswa dekat dengan template. Sedangkan template di sini adalah format baku penulisan karya akademik untuk kepentingan penerbitan di jurnal ilmiah.

Akademisi termasuk mahasiswa berperan "menambang" data dari repositori bereputasi untuk dikelola dan disistematiskan menjadi informasi. Lalu, informasi tersebut dianalisis dengan menggunakan teori (yang dipelajari di perkuliahan) hingga terbentuk menjadi pengetahuan yang bermakna.

Hasil kerja di atas dituangkan ke dalam template. Hasil kerja ini pada akhirnya dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah elektronik sebagai kontribusi akademisi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
Ini bisa dikerjakan oleh mahasiswa bila dekat dengan template. Apabila dekat dengan template, pasti mahasiswa produktif menulis dan publikasi artikel di jurnal ilmiah.

Jika masih jauh dari template, maka kenali, pahami, cintai, dan realisasikan dalam latihan-latihan penulisan artikel ilmiah.

Bandung, 06 Juli 2022
Kelas Menulis FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN