-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kelas Menulis Kelola 4 Jurnal Ilmiah sebagai Wujud Pembelajaran Pengetahuan Sistematis Dari Hulu Ke Hilir

Thursday, August 18, 2022 | 2:43:00 PM WIB Last Updated 2022-09-21T09:12:10Z


 


Kelas Menulis mulanya hanya menggelar pelatihan menulis artikel. Pelatihan ini dikhususkan untuk mahasiswa jenjang sarjana. Belakangan dilatih mengelola jurnal ilmiah.

Peserta pelatihan diminta untuk mengirim naskah ke jurnal ilmiah setelan penulisan artikel tuntas. Karena itu, peserta dilatih mekanisme korespondensi secara elektronik dengan menggunakan platform Open Journal System (OJS). Di sini, peserta mesti mengerti prosedur korespondensi dalam pengiriman artikel di jurnal ilmiah berbasis OJS.

Tidak sampai di situ, Kelas Menulis juga membuka magang untuk mahasiswa dalam pengelolaan jurnal ilmiah berbasis OJS. Tujuannya bukan hanya agar mahasiswa mengerti mekanisme korespondensi, melainkan mereka juga diharapkan mengenal platform OJS. Lebih jauh lagi mereka disiapkan untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan jurnal ilmiah berbasis OJS.

Jadi Kelas Menulis melatih keterampilan mahasiswa dari hulu ke hilir. Sejak praktik penulisan artikel sesuai template jurnal, praktik korespondensi dalam pengiriman artikel ke jurnal ilmiah berbasis OJS, dan hingga praktik pengelolaan OJS yang menjadi sarana penerbitan artikel ilmiah.
Keahlian pengelolaan OJS sangat dibutuhkan. Selain untuk pemenuhan pengetahuan praktis platform OJS, terutama sekali keahlian mengelola OJS berperan dalam pengembangan jurnal ilmiah dan otomatis pengembangan publikasi ilmiah.

Mula-mula peserta magang dilatih menjadi admin jurnal ilmiah. Berbekal dari latihan ini, peserta menjadi tahu sirkulasi penerbitan artikel dalam platform OJS. Sirkulasi tersebut meliputi penerimaan artikel dari penulis, pengiriman naskah ke editor untuk pertimbangan apakah artikel diterima atau ditolak, dan bila diterima maka diteruskan ke reviewer untuk peninjauan substansi isi serta bila ditolak maka naskah artikel dikembalikan ke penulis.

Tidak hanya itu, admin juga bertugas melakukan cek plagiasi, cek validasi referensi, dan hingga layout artikel. Selain itu, masih banyak lagi tugas teknis admin dalam menyiapkan agenda rapat dewan redaksi sebelum penerbitan artikel di jurnal ilmiah.

Mengelola jurnal ilmiah adalah tugas mulia. Mereka berkerja di balik layar monitor komputer. Secara teknis, mereka mengerti artikel dikatakan layak untuk terbit. Mereka juga tahu artikel yang belum memenuhi kelayakan teknis untuk terbit di jurnal ilmiah. Semua ini merupakan pengetahuan praktis yang masih langka dikuasai oleh orang pada umumnya. Itu sebabnya ada yang bilang para pengelola jurnal itu "original" artinya "orang gila jurmal."

Saat ini Kelas Menulis punya 4 jurnal ilmiah. Semuanya dikelola oleh milenial members Kelas Menulis. "Ini pembelajaran praktis mulai hulu sampai hilir," tutur Wahyudin Darmalaksana, penanggungjawab Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis, 18/08/2022.

"Pengetahuan praktis pengelolaan jurnal sangat penting bagi mahasiswa. Dari situ mahasiswa menjadi tahu ketentuan penulisan artikel, mekanisme korespondensi, dan proses review sebelum penerbitan artikel," lanjutnya.

"Penulis tidak cukup hanya mahir penulisan artikel. Tapi harus ditambah pengetahuan sistematis bagaimama artikel terbit di jurnal ilmiah. Mengerti menulis artikel dan sekaligus mengerti pengelolaan jurnal adalah pengetahuan yang bernas, " pungkasnya (KM).
×
Berita Terbaru Update