-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Istilah LoA (Letter of Acceptance) Artikel Jurnal Ilmiah

Wednesday, September 21, 2022 | 5:07:00 PM WIB Last Updated 2022-09-21T10:08:59Z
 

 
 
LoA (Letter of Acceptance) artikel jurnal ilmiah adalah surat keterangan dari editor jurnal yang menyatakan bahwa artikel diterima (accepted) untuk proses penenerbitan.
 
LoA biasanya dibutuhkan oleh pengirim naskah artikel untuk kepentingan tertentu.
 
Umpamanya pendidikan tinggi mewajibakan mahasiswa mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel di jurnal ilmiah sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana.
 
Untuk kebutuhan di atas, LoA menjadi keterangan yang kuat.
 
Pasalnya, kapan LoA bisa diterima?
 
Tentu mula-mula penulis melakukan pengiriman (submission) artikel ke jurnal. Biasanya langsung muncul status awaiting assignment artinya penulis harus menunggu penilaian.

 
Editor jurnal biasanya cepat merespon melalui email bila artikel ditolak (rejected). Jika editor jurnal minat terhadap artikel, maka admin jurnal akan diperintahkan untuk meneruskan artikel tersebut ke reviewer untuk proses penelaahan.
 
Jika artikel sedang proses atau tahap penelaahan, maka muncul status in review seperti di bawah ini:

 
Berikutnya, hasil review ada dua kemungkinan, yaitu: ditolak (rejected) atau diterima (accepted). Pemberitahuan ini akan dikirim melalui email.
 
Jika artikel ditolak, maka korespondensi (komunikasi melalui elektronik) terputus dengan editor jurnal. Sebalikanya, bila artikel diterima, maka biasanya ada perintah revisi, terlepas apakah revisi minor (kecil) ataukah revisi major (besar).
 
Jurnal pada dasarnya tidak akan mengeluarkan LoA. Sebab, cukup pemberitahuan melalui email. Dan pemberitahuan di email itu pada dasarnya LoA.
 
Lebih dari itu, pihak yang berkepentingan dipastikan akan mengakui dan menerima surat keterangan di email sebagai LoA.
 
Namun, bila penulis benar-benar membutuhkannya, maka LoA bisa diminta ketika artikel dinyatakan telah diterima (accepted).
 
Contoh permohonan LoA melalui email:
 
Kepada Yth.
Redaktur Jurnal
 
Terimakasih artikel saya dinyatakan diterima. Selanjutnya, saya akan melakukan revisi sesuai masukan reviewer. Selebihnya, saya mohon dikirim LoA (Letter of Acceptance) untuk kepentingan lain.
 
Terimakasih.


Nanti bila artikel udah terbit (published), maka muncul status di bawah ini:


Itu sebabnya, para penulis artikel ketika dinyatakan telah terbit (published) biasanya mereka melakukan selebrasi atau perayaan kecil. Sebagai syukur atas proses yang telah dilalui sejak pengiriman (submission) artikel ilmiah.


Tetap semangat
Nikmati proses
Dan yakin berhasil!

 
    
 
 
 
Bandung, 21 September 2022
Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update