-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kelas Menulis Membuka Ruang Konsultasi Supaya Artikel Terbit di Jurnal Terakreditasi Nasional Index Sinta

Sunday, October 2, 2022 | 2:55:00 PM WIB Last Updated 2022-10-02T07:56:43Z
 







 
 
 
Hari ini ada banyak matakuliah menerapkan keluaran berupa artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Selebihnya, ada peraturan bahwa tugas akhir dapat disajikan dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal terakrediatasi Nasional minimal Sinta 4.
 
Oleh karena itu, Kelas Menulis membuka ruang konsultasi untuk pengembangan kapasitas mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Termasuk konsultasi supaya artikel bisa terbit di jurnal terakreditasi Nasional index Sinta.
 
Sejumlah sumber daya terlatih disiapkan di Kelas Menulis. Khususnya, sumber daya terlatih dari pengelola jurnal-jurnal Kelas Menulis. Pengelola jurnal ini direkrut dari alumni Kelas Menulis yang telah khatam dalam pembelajaran di Kelas Menulis.
 
Sumber daya pengelola jurnal ini mumpuni dalam penguasaan modul penulisan artikel ilmiah yang disediakan di Kelas Menulis. Juga memiliki pengalaman sebagai penulis korespondensi dalam berbagai penerbitan artikel ilmiah. Terlebih lagi pengalaman dalam pengelolaan jurnal ilmiah makin menegaskan kemampuan dalam meninjau artikel menurut kelayakan jurnal Nasional index Sinta.
 
Secara spesifik, Kelas Menulis menerima konsultasi berbagai hal. Pertama, konsultasi penulisan artikel sesuai modul standar. Hal ini di dalamnya menyangkut kerapian dalam penulisan, penggunaan perangkat pengutipan secara otomatis, dan struktur penulisan artikel.
 
Kedua, pelaksanaan korespondensi secara elektronik berbasis open journal system. Di sini tercakup tahapan sejak pengiriman artikel, baik ke event konferensi maupun ke jurnal reguler, pelaksanaan revisi sesuai catatan reviewer, pengiriman ulang naskah artikel hasil penyempurnaan, dan hingga pemberitahuan artikel dinyatakan diterima (accepted) untuk diterbitkan di jurnal ilmiah.
 
Ketiga, konsultasi seputar kelayakan artikel untuk penerbitan di jurnal terakreditasi Nasional index Sinta. Hal yang dapat dikonsultasikan bukan saja menyangkut kerapian, penggunaan perangkat pengutipan, struktur penulisan, dan korespondensi. Melainkan pula konsultasi supaya artikel memiliki kedalaman dan kebaruan. Hal terakhir ini merupakan syarat penerbitan di jurnal Sinta 2.
 
Di atas itu semua, konsultasi di Kelas Menulis diarahkan supaya mahasiswa khatam dalam pembelajaran seputar publikasi ilmiah. Silahkan konsultasi di Kelas Menulis dengan alumni atau sharing di antara members Kelas Menulis.
 
 
 
Bandung, 02 Oktober 2022
Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update