-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Konversi Mata Kuliah Generik Klaster Penelitian Agenda MBKM Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Bandung

Saturday, November 19, 2022 | 9:25:00 AM WIB Last Updated 2022-11-19T02:26:01Z
 

 
Mata kuliah generik dirancang untuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Indikator kinerja utama (IKU) MBKM yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Salah satu klaster MBKM adalah Penelitian/Riset. Sebaran mata kuliah dapat dirancang menjadi mata kuliah generik untuk konversi/pengakuan kegiatan MBKM klaster Penelitian/Riset dengan total 20 SKS.

Bentuk kegiatan MBKM klaster Penelitian/Riset di antaranya latihan Mendeley, literature review, survei lapangan, pengolahan data, penulisan artikel, re-see, swasunting, templating, translate, konferensi, dan submit paper. Sedangkan produk yang menjadi tagihan klister ini berupa sertifikat, hasil pengolahan data, logbook, dokumentasi, draf/naskah artikel, letter of acceptance (LoA), dan publikasi ilmiah.

Contoh paket mata kuliah generik untuk konversi agenda MBKM klaster Penelitian/Riset di bawah ini:


Secara fleksibel, program studi menyusun satuan mata kuliah pilihan di semester berjalan bagi perancangan paket mata kuliah generik. Paket ini hendaknya ditawarkan setelah mahasiswa menerima mata kuliah inti program studi. Juga disiapkan dosen/pembimbing untuk menilai proses dan produk tagihan MBKM untuk konversi 20 SKS.

MBKM klaster Penelitian/Riset diselenggarakan oleh Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama Sentra Publikasi Indonesia. Pendidikan tinggi mitra kerjasama dapat mengutus mahasiswa untuk kegiatan MBKM klaster Penelitian/Riset [FU].

×
Berita Terbaru Update