-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Konferensi Khusus Mahasiswa: Cara Registrasi, Teknis Pelaksanaan, dan Pembudayaan

Thursday, December 1, 2022 | 4:59:00 PM WIB Last Updated 2022-12-01T13:20:21Z
 




BANDUNG- Web ini sudah mengulas terkait konferensi dalam beberapa catatan. Di kesempatan ini akan dituturkan kembali menyangkut konferensi khusus mahasiswa.
 
Konferensi adalah temu ilmiah yang menyoroti isu tertentu dengan menampilkan para akademisi/peneliti untuk mempresentasikan hasil riset mereka di hadapan dewan juri dan audiens. Dewan juri berperan memberikan penilaian terhadap penyajian paper. Audiens akan memberikan tanggapan terhadap materi paper yang dipresentasikan.
 
Ada beberapa tahapan dalam penyelenggaraan konferensi, yaitu: 1) Registrasi dan pengiriman abstrak paper; 2) Pengumumam undangan presentasi bila abstrak dinyatakan lolos; 3) Pengiriman full paper (naskah artikel lengkap); 4) Pelaksanaan presentasi (dalam bahasa Inggris maksimum 5 menit); 5) Pengumuman The Best Presenter; dan 6) Publikasi ilmiah untuk artikel-artikel terpilih.
 
Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) digelar tiap tahun oleh Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tahun 2022 merupakan CISS ke-4. Tema tahun ini adalah “Islamic Studies across different Perspectives: Trends, Challenges, and Innovations.” Di samping untuk umum, CISS membuka agenda khusus untuk mahasiswa (students).
 
Sejauh ini, mahasiswa didorong untuk menulis artikel ilmiah sebagai keluaran (output) matakuliah. Kelas Menulis diperankan untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan penulisan artikel ilmiah. Kelas Menulis atau Writing Center adalah pusat bantuan pengembangan keterampilan penulisan akademik (academic writing). Berdiri sejak Tahun 2020 di Fakultas Ushuluddin.

Terdapat beberapa tujuan konferensi khusus mahasiswa, yaitu: 1) Mahasiswa latihan riset mini; 2) Mahasiswa latihan menulis artikel; 3) Mahasiswa latihan presentasi dengan bahasa Inggris; 4) Mahasiswa memperoleh sertifikat sebagai participants atau presenter; dan 5) Mahasiswa mempunyai jejak publikasi ilmiah semasa kuliah. Adapun manfaatnya terutama sebagai pembelajaran dan pembuadayaan literasi ilmiah.

Utusan atau delegasi mahasiswa pada CISS tahun-tahun lalu lebih dari 100 peserta. Tahun ini diprediksi peserta mahasiswa juga berkisar di angka itu. Mengacu pada pengalaman Tahun 2020 dan Tahun 2021, konferensi khusus mahasiswa dilaksanakan secara independen. Kecuali paper mahasiswa terpilih dipresentasikan di CISS utama pada 13-14 Desember 2022.

Teknis konferensi khusus mahasiswa dapat dilaksanakan dengan beberapa pola, di beberapa tempat, di waktu-waktu yang tidak bersamaan, dan dilaksanakan secara swakelola dengan menginduk pada CISS 2022. Hal paling penting adalah segera registrasi dengan melampirkan abstrak artikel paling lambat tanggal 8 Desember 2022.

Registrasi konferensi KHUSUS MAHASISWA silakan kilik link ini: The 4th CISS 2022 The Faculty of Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jangan lupa submit abstrak dan lebih baik full paper.

Selamat menjadi peserta konferensi CISS 2022. Kita budayakan konferensi tingkat mahasiswa. Berita ini dirilis oleh Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis, 01 Desember 2022 [Kelas Menulis].
 

×
Berita Terbaru Update