-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Inisiatif Tempuh Pembelajaran Konferensi melalui Dukungan Dosen

Tuesday, December 27, 2022 | 8:49:00 PM WIB Last Updated 2022-12-27T13:58:12Z
 

Pembelajaran konferensi yang dimaksud di sini adalah belajar mengelola konferensi. Secara sempit, konferensi sendiri adalah temu ilmiah para akademisi untuk presentasi paper.
 
Penyelenggara biasa mengundang akademisi melalui call paper. Para akademisi mendaftar dan panitia menyeleksi paper lolos dan tidak lolos. Jadi konferensi bisa dipahami sebagai kompetisi karena ada seleksi.
 
Paper yang lolos difasilitasi untuk dipresentasikan. Durasi presentasi biasanya 5 menit. Ada juga panitia yang membuat peraturan presentasi hanya 3 menit. Peserta konferensi akan memberi tanggapan. Dan juri akan menilai presentasi.
 
Makin tegaslah bahwa konferensi adalah kompetisi. Mula-mula paper diseleksi kemudian juri menilai presentasi. Di akhir acara, panitia akan mengumumkan The Best Paper dan The Best Presenter.
 
Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) akan melaksanakan pembelajaran konferensi. Jauh sebelumnya dilakukan penulisan artikel ilmiah. Sebanyak 43 paper terhimpun untuk dipresentasikan di konferensi.
 
Seluruhnya adalah mahasiswa semester III Kelas B. Jumlahnya 43 orang dan semuanya tuntas menulis paper (artikel ilmiah). Artikel ilmiah ini merupakan outcome (keluaran) mata kuliah Takhrij Hadis.
 
Kelas III B ini menyepakati pelaksanaan Conference Articles of Takhrij Al-Hadith (CATAH). CATAH akan dilaksanakan di Aula Lecture Hall UIN Sunan Gunung Djati Bandung Pukul 07.30 – 16.00 WIB hari Rabu 28 Desember 2022.

Juri pada konferensi ini melibatkan dosen-dosen. Peserta presentasi dibagi ke dalam beberapa kelompok. Dosen-dosen inilah yang akan memberikan nilai hasil presentasi.


Inisitor sekaligus pengelola dan panitia CATAH adalah segenap Mahasiswa Kelas B Semester III Jurusan IAT Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teman-teman mahasiswa ini didampingi tutor, Fitriani, pengelola Journal of Takhrij Al-Hadith (JTH).
 
Itulah pembelajaran konferensi yakni belajar mengelola konferensi. Selebihnya pasca konferensi adalah publikasi artikel di jurnal ilmiah. Semoga diperoleh pengalaman berharga dari pembelajaran ini [] 

×
Berita Terbaru Update