-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Terharu Mahasiswa Penulis Artikel Jurnal Ilmiah Mendapat Anugerah Rektor

Thursday, December 29, 2022 | 4:47:00 PM WIB Last Updated 2022-12-29T10:19:05Z
 


 
 
Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan anugerah kepada Devi Rizki Apriliani, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Fakultas Ushuluddin, sebagai penulis artikel jurnal ilmiah paling produktif.
 
Anugerah diberikan di acara "Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional" di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2022. Acara berlangsung di Aula Lt. 4 Gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jln. Cimincrang Gedebage Bandung, Kamis, 29 Desember 2022.
 
Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung sangat mengapresisaisi prestasi mahasiswa. “Saya bangga atas capaian prestasi mahasiswa di berbagai ajang kejuaraan. Terus optimalkan bukan saja prestasi di tingkat nasional tetapi sampai prestasi tingkat internasional,” ungkap Rektor. 

Prof. Dr. H. Ah Fathonih, M.Ag., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menyampaikan laporan kegiatan. "Penghargaan diberikan untuk berbagai kategori, tidak hanya kejuaraan olahraga dan seni tetapi juga bidang keilmuan seperti publikasi artikel di jurnal ilmiah," tutur Wakil Rektor III.

Hadir di kegiatan ini jajaran Rektorat, Dekanat, Bagian Kemahasiswaan, para mahasiswa peraih penghargaan, dan para udangan. Acara penganugerahan ini mengambil tema "Boost Your Potentials, Reach Your Dream."
 
Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan jajarannya, khususnya Rektor dan Wakil Rektor III.
 
Sejak semester I Tahun 2020, Devi Rizki Apriliani aktif latihan menulis melalui Kelas Menulis, khususya di Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) IAT. “Dia punya minat serius dalam kepenulisan. Terutama terlihat dalam memperhatikan kerapian penulisan. Karena kerapian ini yang paling utama dalam latihan penulisan artikel ilmiah,” tutur Dekan.
 
Saat ini mahasiswa Fakultas Ushuluddin banyak yang terampil dalam penulisan artikel ilmiah. Mahasiswa latihan mulai dari penerapan modul, penggunaan Mendeley, dan pengiriman artikel ke jurnal ilmiah. Tercatat 587 artikel mahasiswa Fakultas Ushuluddin berhasil terbit di jurnal ilmiah sampai 29 Desember 2022.

Minat mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah didukung oleh Kelas Menulis yang didirikan Fakultas Ushuluddin sejak 2020. Kelas Menulis juga mendapat dukungan dari segenap dosen Fakultas Ushuluddin. Sehingga atmosfer penulisan artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa Fakultas Ushuluddin menjadi hidup. "Semula penuh tantangan tetapi mahasiswa makin bahagia sekarang ini," ungkap Dekan.

Sejak Semester I sampai Semester V di Tahun 2022, Devi Rizki Apriliani telah menghimpun publikasi sebanyak 5 (lima) judul artikel ilmiah seperti tercantum di profil Google Scholar. “Anugerah ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa untuk mengupayakan jejak publikasi artikel di jurnal ilmiah,” lanjut Dekan.

Rektor juga memberikan anugerah kepada mahasiswa berprestasi dalam berbagai kejuaraan. Antara lain anugerah untuk peraih medali di kegiatan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang diselenggarakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai tuan rumah pada tanggal 8-13 Agustus 2022.

Delegasai mahasiswa Fakultas Ushuluddin peraih anugerah pada kejuaraan PESONA I adalah Sani Jamilah Jurusan IAT Juara I Dekorasi Kaligrafi, Labibah Inti Amaliah Jurusan IAT Juara I Muasabaqah Syarhil Qur’an, Alvi Iswatin Hasanah Kamal Jurusan Ilmu Hadis (ILHA) Juara MHQ 10 Juz Putri, Ahmad Ajik Nur Fata Mubarok Jurusan IAT Juara III MHQ 30 Juz Putra, dan Juara III Grup Qasidah Modern yaitu Ahmad Ghifary Latief (Jurusan Aqidah Filsasat Islam), Fahmi Musyafa (Jurusan IAT), Abi Asyraf Hibatullah (Jurusan Studi Agama-Agama), dan Muhammad Abdurrasyid Ridlo (Jurusan ILHA).

“Penganugerahan mahasiswa sangat menginspirasi untuk mengukir prestasi lebih banyak lagi. Bukan publikasi ilmiah saja tetapi perestasi di berbagai bidang lainnya. Saya terharu selamat untuk seluruh mahasiswa hebat,” pungkas Dekan, Kamis, 29/12/2022 [].
 

×
Berita Terbaru Update