-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., Sosok Pemimpin Publikasi Ilmiah Mahasiswa di Indonesia

Saturday, March 11, 2023 | 8:19:00 PM WIB Last Updated 2023-03-11T13:52:25Z
 



 
 
Ngak mimpi apa pun sebelumnya. Tiba-tiba pemimpin publikasi ilmiah mahasiswa Indonesia memberi piagam Tokoh Inspiratif.
 
“Adik-adik mahasiswa ini rapat dan ingin memberikan suara hati mereka,” ungkap Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.




Perjalanan ini memang cukup panjang. Bermula dari Kelas Menulis Nusantara yang digelar Forum Dekan (Fordek) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia Tahun 2021. Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA. mengutus lima mahasiswa, yaitu Dafis Heriansyah, Andika Putra, Nadia Azkiya, Utami Syahidah, dan Melinda. Sebanyak 87 mahasiswa utusan PTKI tergabung di Kelas Menulis Nusantara.
 
Kelas Menulis Nusantara bukan sekedar latihan menulis artikel ilmiah. Melainkan kompetisi bernama “Academic Writing Competition on Islamic Studies” (AWCIS). Saat itu AWCIS dibuka oleh Dr. Yusuf Rahman, MA., Ketua Umum Fordek PTKI se-Indonesia.
 
Bahkan agenda berikutnya dari AWCIS lanjut ke konferensi internasional, The 3rd Conference on Islamic Sosio-Cultural Studies (CISS) yang diselenggarakan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Lima mahasiswa Dafis Heriansyah dan teman-temannya lolos menjadi presenter CISS di Bandung.
 
Sepulang dari Bandung teman-teman FUSHPI UIN Raden Intan Palembang membentuk Academic Writing Class (ATLAS). Hidayatul Fikra dan Susanti Vera mentor Kelas Menulis Nusantara dari Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung sempat diundang oleh teman-teman ATLAS Tahun 2022.
 
Sejak itu, ATLAS yang memiliki tagline “Melesat” memang sangat melesat. Teman-teman ATLAS kerap mengikuti kompetisi dan konferensi. Tak pelak lagi, teman-teman ATLAS ini berkontribusi besar dalam pencapaian publikasi ilmiah.
 
Jalinan kerja sama ATLAS bukan saja di tingkat Nasional, melaikan tingkat Asia Tenggara. Teman-teman yang tergabung di ATLAS tampak menguatkan jejaring dengan kalangan akademisi internasional. Secara berkala ATLAS menggelar konferensi yang terselenggara melalui kerja sama strategis dengan pendidikan tinggi terkemuka di Malaysia.

Kini ATLAS FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang telah melahirkan banyak sumber daya mahasiswa terlatih. Di ATLAS terus lahir sumber daya baru seperti Apriliah dan teman-teman. Tak heran bila capaian publikasi ilmiah FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang makin meroket. Di antaranya publikasi ilmiah dalam wujud kolaborasi dengan akademisi global.

Bulan Maret 2023, FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang menggelar ATLAS batch 2. Kali kedua Hidayatul Fikra dan Susanti Vera bertolak ke Palembang. Kali ini Fitriani alumni Kelas Menulis Nusantara turut ke Palembang. Bersama Muhammad Yoga Firdaus semuanya merupakan pengelola jurnal Mahasiswa Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




 
“Pak, bapak dapat ini,” ujar Fikra sambil menunjukkan sebuah piagam. Tertulis di situ Piagam Penghargaan diberikan kepada Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., sebagai Tokoh Inspiratif dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah di FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang tertanda Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA.   
 
Produktivitas mahasiswa dan suasana akademik yang hebat di FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang tercipta karena semangat Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA. “Beliau adalah pemimpin publikasi ilmiah Mahasiswa di Indonesia,” ungkap Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sabtu, 11/03/2023 [FU].   
 

×
Berita Terbaru Update