-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kelas Menulis: Dari Feedback ke Peer Group

Monday, May 22, 2023 | 8:07:00 PM WIB Last Updated 2023-05-22T13:12:03Z
 



 
 
Feedback (umpan balik) dan peer grup (grup sebaya) keduanya merupakan teori besar untuk memastikan keberhasilan. Feedback adalah koreksi dari pelatih untuk meningkatkan kemampuan keterampilan peserta dalam mencapai tujuan (Chandra Asri Windarsih, 2016). Peer group adalah sekelompok teman sebaya yang mempunyai ikatan emosional yang kuat dan mereka dapat berinteraksi, bergaul, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam memberikan perubahan dan pengembangan dalam kehidupan sosial dan pribadinya (Maya Masyita Suherman, 2019).
 
Sejak didirikan pada 2020, Kelas Menulis menerapkan strategi feedback. Kelas Menulis adalah pusat bantuan pengembangan keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Strategi feedback telah menghasilkan sumber daya mahasiswa terlatih dalam penulisan artikel ilmiah. Indikatornya para mahasiswa tampak produktif dalam publikasi artikel ilmiah.

Mula-mula disiapkan modul latihan mencakup 11 tahap penulisan artikel ilmiah. Mahasiswa melaksanakan latihan tahap demi tahap dengan cara mengirimkan hasil latihannya ke email. Pelatih memberikan feedback untuk memastikan peningkatan keterampilan mahasiswa sejak tahap 1 sampai tahap 11. Sejak 2020 sampai 22 Mei 2023 publikasi ilmiah mahasiswa telah mencapai 975 artikel.

Meskipun strategi feedback dipandang efektif, namun strategi lainnya semisal peer group patut dicoba. Melalui strategi peer grup diharapkan mahasiswa lebih mandiri dalam mengembangkan kapasitasnya. Para mahasiswa yang produktif publikasi ilmiah yang telah telatih dalam penulisan artikel ilmiah dihimpun untuk membentuk peer grup. Lalu, mereka sharing terkait struktur dan prosedur penulisan artikel ilmiah. Strategi peer group dipastikan dapat mencipta peserta lebih mandiri tanpa tergantung secara lebih besar kepada pelatih.


Bandung, 22 Mei 2023
Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 

×
Berita Terbaru Update