Feedback (umpan balik) dan peer grup (grup sebaya) keduanya merupakan teori besar untuk memastikan keberhasilan. Feedback adalah koreksi dari pelatih untuk meningkatkan kemampuan keterampilan peserta dalam mencapai tujuan (Chandra Asri Windarsih, 2016). Peer group adalah sekelompok teman sebaya yang mempunyai ikatan emosional yang kuat dan mereka dapat berinteraksi, bergaul, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam memberikan perubahan dan pengembangan dalam kehidupan sosial dan pribadinya (Maya Masyita Suherman, 2019).
Sejak didirikan pada 2020, Kelas Menulis menerapkan strategi feedback. Kelas Menulis adalah pusat bantuan pengembangan keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Strategi feedback telah menghasilkan sumber daya mahasiswa terlatih dalam penulisan artikel ilmiah. Indikatornya para mahasiswa tampak produktif dalam publikasi artikel ilmiah.
Mula-mula
disiapkan modul latihan mencakup 11 tahap penulisan artikel ilmiah. Mahasiswa
melaksanakan latihan tahap demi tahap dengan cara mengirimkan hasil latihannya
ke email. Pelatih memberikan feedback untuk memastikan peningkatan
keterampilan mahasiswa sejak tahap 1 sampai tahap 11. Sejak 2020 sampai 22 Mei
2023 publikasi ilmiah mahasiswa telah mencapai 975 artikel.
Meskipun
strategi feedback dipandang efektif, namun strategi lainnya semisal peer
group patut dicoba. Melalui strategi peer grup diharapkan mahasiswa
lebih mandiri dalam mengembangkan kapasitasnya. Para mahasiswa yang produktif
publikasi ilmiah yang telah telatih dalam penulisan artikel ilmiah dihimpun
untuk membentuk peer grup. Lalu, mereka sharing terkait struktur
dan prosedur penulisan artikel ilmiah. Strategi peer group dipastikan dapat
mencipta peserta lebih mandiri tanpa tergantung secara lebih besar kepada
pelatih.
Bandung,
22 Mei 2023
Wahyudin
Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati
Bandung