-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Syarat menjadi Peserta Latihan Menulis Artikel melalui Grup WhatsApp

Wednesday, August 2, 2023 | 9:31:00 AM WIB Last Updated 2023-08-03T08:29:32Z

 

 


 

 

Latihan menulis artikel melalui Grup WhatsApp sudah dimulai sejak 2021. Pola ini terbukti efektif dan kami berupaya terus untuk mengembangkan strategi terbaik.
 
Kegiatan latihan biasanya diawali dengan perkenalan, khususnya mengenalkan tutor dan fasilitator. Tutor merupakan penanggungjawab kegiatan latihan. Sedangkan fasilitator berperan untuk memastikan kegiatan latihan berlangsung lancar.
 
Lalu, sesi motivasi yang menjadi modal utama pelaksanaan latihan. Pada sesi ini, kami berusaha menumbuhkan semangat “kebutuhan berprestasi” (David C. McClelland, 1987, “Human Motivation”) meliputi aspek-aspek dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, dan berusaha keras untuk berhasil.
 
Sesi berikutnya adalah pemaparan struktur, prosedur, dan teknik penulisan artikel ilmiah. Kami menerapkan IMRAD untuk struktur, menerapkan model berpikir komputasional “Don't Start at the Beginning” untuk prosedur, dan mengadaptasi berbagai platform (perangkat) untuk teknik penulisan dengan prinsip “cinta kerapian.”
 
Cinta kerapian menjadi prinsip utama dalam latihan dan kami merekomendasikan beberapa perangkat penunjang, seperti management references Mendeley desktop, aplikasi pengecekan typo secara otomatis, dan tools paraphrase “How Can You Avoid Plagiarism.”
 
Bahkan, kami membolehkan penggunaan Chat-GPT khususnya untuk mengkonfirmasi bagian kerangka berpikir. Sebab, Chat-GPT Artificial intelligence ternyata membuka wawasan yang lebih luas dalam penyusunan kerangka berpikir.
 
Latihan penulisan meliputi tahapan, sejak tahap 1 sampai tahap 11. Fasilitator melakukan feedback (umpan balik) di tiap tahap. Aktivitas ini dilakukan untuk memastikan peningkatan keterampilan peserta dalam menyusun kertas kerja sejak tahap awal sampai tahap akhir.   
 
Slogan versi baru kami adalah “Melangkah lebih maju, totalitas, dan kualitas.”
 
Syarat dan ketentuan menjadi peserta latihan adalah Institutional Group yaitu pengajuan permohonan oleh institusi pada Kelas Menulis Sentra Publikasi Indonesia maksimum peserta 30 Orang. Selebihnya, pastikan peserta memiliki motivasi kebutuhan berprestasi.
 
Pengalaman kami yang paling prestisius adalah pencapaian target 1000 publikasi artikel ilmiah mahasiswa. Agenda ini dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak 2020 sampai 2023. Juga prestasi mengungkit publikasi ilmiah mahasiswa berbagai pendidikan tinggi di Indonesia.
 
Kami sangat senang bila kita dapat menjalin kemitraan strategis.
 
 
Hormat Kami,
Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Sentra Publikasi Indonesia.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update