-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ayo Latihan Bareng Dian: Berikan Kesan Terbaikmu di Pendahuluan. Cukup 3-5 Paragraf Aja

Tuesday, August 15, 2023 | 8:52:00 AM WIB Last Updated 2023-08-22T15:06:57Z



Dian Sa’adillah Maylawati, Ph.D., dosen Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengungkapkan hal-hal menarik dari penelitian teman-teman pada bagian pendahuluan (introduction)


Selamat hari Selasa, selamat sibuk kembali, hehe 😉



Teman.. hari ini Dian mau berbagi tips menyiapkan bagian pendahuluan (introduction) artikel ilmiah. 


Bagian pendahuluan berfungsi untuk menarik atensi dari pembaca lho! So, tulis sebaik mungkin ok.




Sebenarnya membuat bagian pendahuluan itu mudah kok. Cukup 3-5 paragraf saja, utamanya setiap komponen berikut harus tersaji pada pendahuluan yaaa…




Pertama, Sampaikan latar belakang masalah/ fenomena/ isu-isu yang diangkat pada penelitian teman-teman. Masalah yang diangkat harus benar-benar “masalah” ya, bukan yang “diada-adakan”. Oleh karena itu, dukung dengan menggunakan data atau fakta-fakta dari sumber terpercaya.





Kedua, Berisi penelitian terdahulu yang terkait dengan penelitian teman-teman, biasanya disebut related works.  Biasanya Dian menyarankan siapkan minimal 5 penelitian terdahulu. Tak kalah penting nih… Perhatikan pula tahun penelitian terdahulu yang menjadi referensi teman-teman ya, hal ini untuk menunjukkan bahwa penelitian teman-teman adalah penelitian “kekinian” yang masih banyak dibahas dan penting untuk dikaji.



Ketiga, Eits, tidak hanya disebutkan, tetapi perlu disampaikan temuan teman-teman terhadap penelitian terdahulu sehingga teman-teman dapat menemukan pembeda atau posisi penelitian (state of the art dan gap). Selanjutya, pendahuluan ditutup dengan rangkaian kalimat yang menegaskan kembali tujuan dan kontribusi penelitian teman-teman. 


Mudah bukan? Semoga penjelasan singkat bagian pendahuluan ini dapat menjadi petunjuk praktis untuk memperkenalkan pentingnya penelitian teman-teman semua. Tetap semangat dan terus belajar. 😎


With love and smile,


×
Berita Terbaru Update