-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Menjadi Profesor Bersama Kelas Menulis

Monday, August 14, 2023 | 11:32:00 AM WIB Last Updated 2023-08-15T01:58:09Z

 



Untuk menjadi profesor harus produktif publikasi ilmiah. Profesor merupakan jabatan akademik tertinggi. Tiap dosen didorong untuk berkarier sampai meraih jabatan profesor. Untuk sampai pada jabatan profesor perlu terkumpul angka kredit. Terutama angka kredit publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah adalah penerbitan artikel di jurnal ilmiah. Mulai jurnal nasional sampai jurnal internasional.


Saya mendirikan Kelas Menulis pada 2020. Tujuannya supaya produktif publikasi ilmiah. Kelas Menulis dibuka untuk mahasiswa. Di situ kami mempelajari ketentuan penulisan, praktik menulis artikel, mengirimnya melalui open journal system, menunggu tinjauan dari editor dan reviewer, melakukan revisi dan penyempurnaan naskah artikel, dan pada giliranmya kami punya sejumlah terbitan di jurnal ilmiah.




Tentu saja kami tidak sedang mengarahkan mahasiswa S1 menjadi profesor. Tapi kami mencipta ruang bersama untuk berlatih. Sebab, penulisan akademik, termasuk artikel ilmiah, merupakan kebutuhan dasar untuk semua calon sarjana. Di antara mereka ada yang lulus meraih gelar sarjana dengan tugas akhir artikel ilmiah. Di antara mereka juga melanjutkan studi S2 yang di situ dituntut kemampuan skills penulisan artikel ilmiah. Alhasil, banyak mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah sejak di masa S1. Terakhir pada pertengahan 2023 sebanyak 1055 artikel mahasiswa S1 berhasil terbit di jurnal ilmiah.


Saya sendiri lolos pengajuan profesor (guru besar) Juli 2023. Bersama Kelas Menulis ini saya memotivasi diri untuk produktif publikasi ilmiah. Bersama mahasiswa hingga di tingkat nasional kami terus mengasah, menulis artikel, dan menerbitkannya di jurnal ilmiah. Para mahasiswa di Kelas Menulis inilah yang selalu membersamai saya untuk terus produktif publikasi ilmiah. Hingga terhimpun angka kredit untuk meraih jabatan tertinggi profesor.




Kelas Menulis mula pertama didirikan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selanjutnya, kami mendorong pendiriannya di berbagai pendidikan tinggi di Indonesia. Di Kelas Menulis diciptakan kultur akademik untuk produktif publikasi ilmiah. Terima kasih untuk seluruh komunitas Kelas Menulis di tanah air.


Silakan bergabung di Kelas Menulis melalui saluran-saluran yang tersedia untuk memupuk diri supaya cinta menulis. Lalu menjadi penulis handal dengan kemampuan skills yang terlatih. Terlebih hingga menjadi pribadi yang produktif publikasi ilmiah. Jejak publikasi ilmiah dipastikan besar bermanfaatnya untuk karier akademik hari ini dan di masa depan.


Bandung, 14 Agustus 2023


Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Senta Publikasi Indonesia

×
Berita Terbaru Update