-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bersyukur Menurut Hadis

Friday, October 27, 2023 | 10:00:00 AM WIB Last Updated 2023-11-17T02:30:03Z

 

 


 

Oleh: Riksa Pribadi Andhika
(Mahasiswa Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

 

Hadis adalah apa yang disandarkan kepada Nabi Saw. Salah satu hadis di bawah ini:

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ وَحَجَّاجٌ قَالَ سَمِعْتُ شُعْبَةَ عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْجَسْرِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الصَّامِتِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِنَّ أَحَبَّ الْكَلَامِ إِلَى اللَّهِ أَنْ يَقُولَ الْعَبْدُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ قَالَ حَجَّاجٌ إِنَّهُ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَحَبِّ الْعَمَلِ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَوْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَحَبَّ الْكَلَامِ إِلَى اللَّهِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِه

 

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dan Hajjaj ia berkata, Aku mendengar Syu'bah dari Abu Mas'ud dari Abu Abdullah Al-Jisri dari Abdullah bin Shamit dari Abu Dzar dari Nabi , beliau bersabda, "Perkataan yang paling di sukai Allah adalah perkataan seorang hamba Subhanallah Wabihamdihi (Mahasuci Allah dan puji syukur bagi-Nya)." Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bahwa ia bertanya kepada Nabi tentang amalan yang paling dicintai Allah, lalu Nabi bersabda, "Perkataan yang paling disukai Allah adalah Subhanallah Wabihamdihi (Mahasuci Allah dan puji syukur bagi-Nya)”(Ahmad No. 20459).
 
Hadis ini mengajarkan manusia untuk selalu mengucapkan syukur kepada Allah SWT, dengan cara mengucap syukur kepada-Nya atas segala bentuk karunia dan nikmat yang diberikan kepada Hamba-Nya. Oleh karena itu hadis ini memotivasi untuk menciptakan rasa bersyukur dan bukan meninggikan diri sendiri atas nikmat pemberian dari Allah SWT dengan cara mengucapkan Subhanallah Wabihamdihi sebagai mana yang saya lampirkan dari hadis di atas, kesimpulan yang saya baca sebagai berikut:"Perkataan yang paling disukai Allah adalah Subhanallah Wabihamdihi (Maha suci Allah dan puji syukur bagi-Nya).”
 
Jadi setelah kita mendapatkan kenikmatan yang diberikan Allah SWT alangkah baiknya kita mengucapkan syukur, dengan salah satunya mengucapkan Subhanallah Wabihamdihi.
 
Hadis ini diriwayatkan oleh tujuh orang yaitu,Jundub bin Junadah (w. 32 H), Abdullah bin Ash-Shamit,Humairiy Bin Basyir, Sa’id bin Iyas (w. 144 H), Syu’bah bin Al-Hajjaj bin Al-Warad (w. 160 H), Muhammad bin Ja’far (w. 193 H), dan Ahmad. Hadis ini Isnad Shahih menurut Syu’aib al-Arna’uth.
 
 
 
Daftar Pusaka
Saltanera. (2015). Ensiklopedia Hadis Kitab 9 Imam. Lembaga Ilmu Dan Dakwah Publikasi Sarana Keagamaan. Lembaga Ilmu Dan Dakwah Publikasi Sarana Keagamaan (Lidwa Pusaka).       

 

×
Berita Terbaru Update