-->

Notification

×

Iklan

Iklan

FUAD UIN Bengkulu Dirikan Kelas Menulis untuk Latih Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

Thursday, November 9, 2023 | 9:22:00 PM WIB Last Updated 2023-11-09T14:59:06Z

 


 

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu berinisiatif membentuk Kelas Menulis. Kelas ini disiapkan sebagai pusat latihan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah.
 
Inisiatif pembentukan Kelas Menulis mengemuka pada saat pelaksanaan kegiatan “Workshop Penulisan Artikel Ilmiah” yang diselenggarakan oleh FUAD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Acara ini berlangsung, Kamis-Jum’at, 09-10 November 2023.
 
Dr. Aan Supian, M.Ag., Dekan FUAD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu membuka acara. “Peserta workshop yang merupakan utusan seluruh program studi disiapkan untuk menjalankan kelas kepenulisan. Kelas ini nantinya akan melibatkan para dosen sebagai pembimbing,” ungkap Dekan.
 
“Ini menjadi langkah awal bagi terwujudnya kelas kepenulisan untuk lingkungan mahasiswa. Pendirian kelas kepenulisan diharapkan dapat berperan bagi peningkatan keterampilan mahasiswa di bidang penulisan artikel ilmiah, memacu motivasi, dan mewujudkan produktivitas mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal imiah,” pungkas Dr. Aan Supian, M.Ag. didampingi jajaran pejabat di FUAD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.  
 
 
 

 
Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung diundang sebagai fasilitator. Ia menyambut baik atas inisiatif pendirian Kelas Menulis dan mengarahkan tiga hal.
 
Pertama, pendirian Kelas Menulis merupakan langkah strategis dalam agenda penguatan keterampilan mahasiswa di bidang riset dan publikasi ilmiah. Kedua, terapkan peer teaching (pengajaran sejawat) dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah di kalangan mahasiswa. Ketiga, libatkan akademisi dosen sebagai pendamping mahasiswa dalam penulisan artikel hingga berhasil terbit di jurnal ilmiah.
 
Hidayatul Fikra, S.Ag., Fasiliator Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung ditunjuk untuk menyampaikan struktur penulisan artikel ilmiah. “Struktur artikel ilmiah secara umum memiliki kesamaan untuk setiap jurnal. Tapi prosedur penulisan artikel ilmiah tidak selalu harus mulai dari permulaan,” ungakap Hidayatul Fikra, S.Ag., yang juga merupakan editor Jurnal Riset Agama.
 
 
 

 
Fitriani, S.Ag., juga Fasiliator Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dipercaya menyajikan teknik penggunaan aplikasi pengutipan Mendeley. “Temen-teman generasi internet pasti mudah beradaptasi untuk install dan mengoperasikan Mendeley dengan menyimak tutorial di Youtube, papar Fitriani, S.Ag., yang juga merupakan editor Journal of Takhrij Al-Hadith.
 
 
 


 
Peserta kegiatan ini sekitar 50 mahasiswa yang merupakan utusan jurusan dan program studi (Prodi). Jurusan Ushuluddin meliputi Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, Ilmu Hadis, dan Akidah dan Filsafat Islam. Jurusan Adab meliputi Prodi Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa dan Sastra Arab. Jurusan Dakwah meliputi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), dan Manajemen Dakwah (MD).
 
Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Pada hari Kamis, 09 November 2023, acara berlangsung secara online melalui Zoom. Adapun acara pada hari Jum’at, 10 November 2023, akan berlangsung offline berupa latihan menulis artikel yang dibimbing langsung oleh para dosen.
 
Tindak lanjut berbagai kegiatan publikasi ilmiah di kalangan mahasiswa akan dilakukan melalui kerjasama antara Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Kelas Menulis FUAD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu [Pika-Fitri].

 

×
Berita Terbaru Update