-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hebat Segenap Mahasiswa Kelas Menulis FUAD UIN Batusangkar Siap Operasikan Mendeley

Wednesday, November 8, 2023 | 8:31:00 AM WIB Last Updated 2023-11-08T01:35:19Z





Hebat segenap mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Mahmud Yunus Batusangkar siap operasikan Mendeley. Sebuah perangkat otomatis pengelolaan referensi dan daftar pustaka.


Dr. Akhyar Hanif, M.Ag., Dekan FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar berinisiatif menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi kalangan mahasiswa. "Agenda ini meliputi pra kegiatan, masa pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan," ungkapnya.


Sebanyak 45 mahasiswa utusan program studi di lingkungan FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar tergabung menjadi peserta. Pada masa pra kegiatan, peserta diarahkan untuk latihan mengoperasikan Mendeley.


Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Bandung diundang sebagai fasilitator. "Mula-mula mahasiswa install Mendeley. Lalu, teknik operasi. Mahasiswa pasti bisa praktik dengan bantuan tutorial di Youtube," ujarnya.


Hari ini seluruh mahasiswa masuk kategori Gen Z (lahir tahun 1995-2010). Gen Z lahir di era internet dan kemajuan teknologi informasi. Karena itu, mahasiswa Gen Z tidak mengalami kesulitan dalam adaptasi berbagai aplikasi semisal Mendeley.


Mendeley dan aplikasi-aplikasi lain seperti Zotero sangat dibutuhkan dalam penulisan artikel ilmiah. Sampai 08 November 2023 sebanyak 14 mahasiswa telah siap mengoperasikan Mendeley. Sedangkan pelatihan penulisan artikel ilmiah akan berlangsung tanggal 15-16 November 2023. 


Pasca kegiatan segera dibentuk Kelas Menulis FUAD UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan dukungan para dosen. "Selamat mahasiswa Gen Z yang hebat," tutur fasilitator, Rabu, (08/11/2023). [Fikra].

×
Berita Terbaru Update