-->

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Faktor Peer Teaching Efektif dalam Latihan Penulisan Artikel Ilmiah

Wednesday, November 8, 2023 | 12:11:00 PM WIB Last Updated 2023-11-17T02:13:45Z

 

 



 

Beberapa praktik menunjukkan bahwa peer teaching (pengajaran sejawat) sangat efektif dalam latihan penulisan artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa. Mula-mula mahasiswa senior dilatih penulisan artikel ilmiah untuk menjadi pelatih mahasiswa junior.
 
Pengajaran sejawat dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah di kalangan mahasiswa terbukti efektif disebabkan beberapa faktor:
 
 
Satu Level
Meskipun terpaut antara mahasiswa senior dan mahasiswa junior, namun di antara mereka relatif tidak ada jarak dan terasa berada dalam lingkungan sejawat. Walaupun senior memiliki pengalaman lebih dulu dan memiliki pengalaman publikasi artikel di jurnal ilmiah, namun di antara sejawat tetap dipahami satu level. Paling tidak, levelnya tidak terlalu jauh. Juga wajar bila mahasiswa junior mendapat arahan dari mahasiswa senior terlebih yang senior ini telah memiliki pengalaman penulisan artikel dan punya jejak publikasi artikel di jurnal ilmiah. Apa yang berlangsung sesungguhnya bukan pengajaran atau transfer pengetahuan untuk mengisikan teori kepada benak mahasiswa junior. Melainkan sharing pengalaman di antara sejawat dalam lingkungan komunitas satu level yang hanya dibedakan oleh angkatan saja. Karena dipahami satu level maka tercipta suasana saling berbagi pengetahuan praktis tanpa sungkan untuk bersama-sama meningkatkan keterampilan penulisan artikel ilmiah.
 
 


 
Satu Frekuensi
Terciptanya suasana satu frekuensi di antara sejawat.  Efek satu frekuensi di antaranya suasana menjadi seru, hangat, asyik, dan menantang. Seru di mana kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah menjadi menggugah sebagai ajakan yang memiliki sisi keterpanggilan. Kalangan sejawat di lingkungan mahasiswa merasa terpanggil sehingga tercipta keseruan. Juga tercipta kehangatan karena relatif tidak terdapat jarak hanya terpaut antara mahasiswa senior dan mahasiswa junior. Asyik berarti tercipta suasana yang betah untuk mengerjakan tahapan latihan. Tentu saja menjadi sebuah tantangan bagaimana meningkatkan keterampilan penulisan artikel ilmiah di lingkungan sejawat.
 
 

 
Satu Kebutuhan
Penulisan artikel dan publikasi ilmiah diakui menjadi kebutuhan bersama di lingkungan sejawat. Sehingga di antara sejawat tidak tercipta persaingan yang ada hanya kompetisi yang sehat. Senyatanya bukan kompetisi saling menjatuhkan di antara sejawat, melainkan tercipta kerjasama dan kolaborasi. Pengajaran sejawat pada dasarnya adalah kolaborasi sebab pasti terdapat kelebihan pada masing-masing peserta pelatihan yang dapat dikolaborasikan. Terciptalah suasana di mana yang satu membantu yang lain di antara sejawat. Sebuah iklim kolaborasi yang sehat yang menjadi tuntutan pembelajaran abad 21.
 
 

 
 
Demikian beberapa faktor keunggulan pengajaran sejawat dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah. Ciptakanlah circle dan bergabunglah dengan komunitas kepenulisan di lingkungan sejawat. Lebih dari itu, adakah kegiatan pelatihan dengan menerapkan pola pengajaran sejawat.
 
 
 
Penulis: Prof. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update