Publikasi ilmiah penulisan akademik
yang berkualitas bukan pelaksanaan yang instan. Ia membutuhkan proses
sedemikian rupa, seperti pelaksanaan riset, penulisan hasil riset sesuai
standar, submission, dan penyempurnaan sesuai masukan tinjauan ahli.
Melalui kerangka kerja itu, penulisan akademik memiliki peluang tinggi memenuhi
kelayakan bagi penerbitan di jurnal ilmiah peringkat tertentu.
Publikasi ilmiah penulisan akademik (academic
writing) yang berkualitas membutuhkan kontinum kegiatan. Dalam arti butuh
rangkaian kegiatan tanpa dibatasi semester ketika penulisan akademik diterapkan
bagi mahasiswa. Sejak penulisan artikel sampai penerbitan di jurnal ilmiah
lazimnya memerlukan tiga semester. Tegaslah kegiatan kontinum tanpa dibatasi
semester menjadi prasyarat ideal bagi upaya publikasi artikel ilmiah mahasiswa
yang berkualitas.
Kontinum kegiatan penulisan akademik
sampai publikasi ilmiah dengan berbagai tantangannya dapat terpecahkan melalui
kolaborasi. Karenanya, kontinum kegiatan tersebut tidak lain merupakan
implementasi PBL (Project Based Learning), yaitu pembelajaran yang memberi
penekanan kuat pada pemecahan masalah melalui usaha kolaboratif.
Kegiatan ini bernama Continuum
Academic Writing Project. Dalam bahasa Indonesia disebut Proyek Penulisan
Akademik Kontinum (PPAK). Ini diperuntukan bagi mahasiswa selama tiga semester
dalam bentuk kontinum kegiatan yang menekankan kolaborasi. Target capaiannya
ialah publikasi artikel ilmiah mahasiswa yang berkualitas, yakni tembus di jurnal
terkareditasi Nasional index Sinta 2.
Bagi
mahasiswa, ikutlah PPAK. Kegiatan ini dilakukan melalui test dalam
rangka melihat komitmen kebutuhan untuk berhasil. Tingkatkan kompetensi pengetahuan
dan skills kepenulisan akademik di situ. Lakukan melalui tindakan-tindakan
kolaboratif untuk memastikan pencapaian publikasi ilmiah yang berkualitas.
Itulah prestasi dan kebanggaan!
Wahyudin
Darmalaksana, Sentra Publikasi Indonesia