Jangan Lupa Bahagia


Di hari yang cerah ini, mohon perkenannya kami bermaksud menyampaikan pandangan tentang bagaimana menjalani hari-hari yang berkualitas dengan cara yang sebenarnya sudah tidak asing lagi, yakni perhatian terhadap aspek yang mungkin dianggap remeh.


Di beberapa tempat hal ini sudah berjalan. Namun, kami baru menyadari ternyata dalam pengaturan pegawai terdapat Penilaian Kinerja Dosen. Penilaian ini berlangsung setiap semester dalam tahun ajaran berjalan. Dalam kesempatan ini, kami mengajak Bapak/Ibu Dosen bagaimana penilaian tersebut kita lakukan oleh kita sendiri secara cermat.

Pertama-tama kita mengupayakan apa yang disebut dengan Profil Dosen. Profil ini sangat bermanfaat untuk kita arahkan bagi kebutuhan pengisian Sasaran Kerja Pegawai yang popular dengan istilah SKP. Kami menemukan ada Dosen yang sudah pandai menghitung poin Sasaran Kerja Pegawai. Hal ini merupakan prakarsa yang hebat mengingat pengisian Sasaran Kerja Pegawai tersebut biasanya dikerjakan oleh tenaga kependidikan –di masa lalu istilahnya pegawai administrasi.


Ternyata pula, dan ini sudah berjalan dengan baik di beberapa tempat, Dosen itu terikat dengan Kontrak Kinerja Dosen. Mula-mula dari Profil Dosen yang dimanfaatkan untuk pengisian Sasaran Kerja Pegawai sejalan dengan Penilaian Kinerja Dosen lalu kita arahkan bagi komitmen Kontrak Kinerja Dosen.

Semua alur di atas, yang apabila kita tunaikan secara apik maka dipastikan dapat menghasilkan benefit atau feed back yang berupa keuntungan. Bukan saja kenaikan jabatan akademik, melainkan juga hari-hari kita praktis mengalir ke arah yang kita idamkan. Apabila kita sejauh ini kita mengandalkan pelayanan terhadap orang lain, yang pastinya terdapat keterbatasan, yang membuat jalan kita menjadi tersendat, maka kita harus berusaha menjadi pelayan bagi kebutuhan administrasi kita sendiri. Jadilah kita pelayan yang baik untuk hal itu semua.

Memang ini sederhana namun revolusioner dari sisi cara. Yaitu, cara menjalani hari-hari secara lebih berkualitas.

Bandung, 05 Maret 2019

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN