Renungan Publikasi


Renungan Publikasi



Oleh:
Eni Julaeha

Publikasi pemikiran dan hasil penelitian yang mendalam dan ilmiah apalagi telah mendatangkan impack besar pada penyelesaian persoalan kemanusiaan yang tengah dihadapi itu memang mulia.

Kemuliaannya datang dari dua sisi, yang pertama penyebaran informasi yang akurat dan ilmiah bisa menjadi model atau contoh yang bisa saja dilakukan ditempat lain dengan problem yang sama. Atau bisa menginspirasi lahirnya pendekatan dan strategi baru dalam menyelesaikan problem kemanusiaan atau problem lainnya.

Sisi kedua bisa mendatangkan tambahan amal jariah bagi si penemu atau bahkan pihak yang mempublikasikannya. Tentunya selama yang bersangkutan berniat ihlas sebagai ibadah terbaik pada Tuhannya.

Menurut saya, agar meneliti dan mempublikasi hasil penelitian itu berefek dunia akhirat harus berdasar pada tiga hal. 1) niat yang ihlas hanya untuk amal jariah, 2) meneliti dan menulis dengan jujur secara ilmiah dan jujur secara teologis, 3) mempersembahkan hasil penelitiannya sebagai pengabdian terbaik pada Tuhannya bersinergi dengan posisi manusia sebagai abdullah dan khalifatullah

Menjadi terkenal dan meraup pundi pundi emas dari apa yang telah dikerjakan hanyalah side efek. Karena yang utama hanyalah pengabdian pada Allah dan mengoptimalkan seruan Allah bahwa manusia adalah mahluk terbaik yang memiliki misi mengajak pada kebajikan dan menjauhi kebatilan

Wallahu a'lam…


Penulis adalah Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung



Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS