HARU KEMENANGAN


"Untuk orang tua yang telah tiada, kita bacakan kalam suci Al-Fatihah", kataku saat pembukaan munaqosah (sidang skripsi) Fakutas Ushuluddin UIN SGD Bandung, 23 Agustus 2019.

Kuliah 4 (empat) tahun atau lebih atau kurang dari itu adalah kurun waktu yang telah dilampaui. Saat mula pertama duduk di bangku kuliah mungkin ada yang bertanya-tanya "apakah aku akan menjadi sarjana".

"Saatnya sekarang Anda tujunkan menjadi pemenang" kataku. "Lawan ketidaksiapan, singkirkan keminderan, dan taklukan hambatan. Dirikan monumen perjuangan dan rebutlah kemenangan", sambungku.

"Betapa ibumu telah mecurahkan seluruh cinta dan telah memberimu pusaka. Ayahmu tak pernah habis-habisnya memberi semangat agar engkau menang di medan perjuangan", kataku berapi-api.

"Hari ini, hadapi sidang skripsi ! Tunjukan Anda semua layak dan pantas menjadi sarjana ! Dengarkan, renungkan, dan rasakan niscaya semua orang membacakan doa-doa agar engkau lulus, sukses, dan berhasil", tegasku.

Sebanyak 279 orang generasi bangsa mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung berhasil lulus sidang skripsi 22-23 Agustus 2019. "Ini kelulusan terbanyak di abad ini", kataku.

Congratulation....!

"Puji Tuhan-mu. Sembah Dia. Sujud syukurlah. Ucapkan terimakasih kepada orang tuamu. Persembahkan kemenangan ini. Duhai generasi masa depan, yang demikian itu sungguh merupakan kebahagiaan terdalam dan anugrah terindah".

"UIN SGD Bandung dipastikan senantiasa mengawal nilai demi kesiapan Anda semua menghadapi tantangan dunia".

"Satu hal tetap setia untuk almamater tercinta".

Bandung, 23 Agustus 2019
Wahyudin Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN