Kami berjanji berusaha semaksimal yang dapat dilakukan untuk menguatkan publikasi ilmiah di lingkungan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Untuk sasaran itu kita perlu mengelompokan jenis-jenis karya ilmiah, seperti prosiding, literature review, artikel hasil riset, book chapter, buku hasil riset, monograf, dan bahan ajar. Selain itu juga skripsi, tesis, dan disertasi.

Aspek paling teknis adalah penguasaan aplikasi references. Hal ini telah kami ujicoba di semester II dan ternyata kemampuan adaptasi mereka sangat cepat. Untuk itu perlu kita pikirkan Gerakan penguasaan aplikasi references di tingkat mahasiswa sejak dini.

Setelah penguasaan aplikasi references, kita perlu memikirkan cara menyusun atau mendesain karya ilmiah. Meskipun secara umum desain karya ilmiah hampir sama, namun bisa jadi setiap jenis karya ilmiah masing-masing memiliki scenario penulisan yang berbeda.

Selanjutnya, implementasi penulisan karya-karya ilmiah.

Untuk semua itu, agaknya kita memerlukan inisiasi membentuk semacam “Writing Center” dengan tugas dan fungsi yang perlu kita gambarkan secara jelas.


Haturnuhun

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN