Kunjungan rombongan sebanyak 10 Orang dari FUAD IAIN Batusangkar dalam rangka bencmarking. Rektor UIN SGD Bandung berkenan menyampaikan sambutan didampingi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Dekan Fakultas Adab, Dekan Fakultas FDK, dan Dekan Fakultas Psikologi.

Benchmarking diarahkan untuk peningkatan manajemen program studi (Prodi) dalam persiapan akreditasi nasional 9 standar. Tantangan baru akreditasi menekankan poin keluaran (output) dan capaian (outcome).

Selain itu, kedua pihak bersepakat melaksanakan penandatanganan MoU. Ada empat poin materi MoU yakni : evalusi kurikulum, model praktikum, penguatan jurnal ilmiah, dan peningkatan mutu dosen dan mahasasiswa.

Berkenaan dengan MoU di atas, para Dekan terkait di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati menyepakat beberapa hal. Pertama, evaluasi kurikulum melalui koordinasi dengan perhimpunan keilmuan serta melibatkan pakar di bidang pengembangan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kedua, pengembangan model praktikum pembelajaran efektif open educational reseources sesuai tatangan revolusi industri 4.0.

Ketiga, penguatan jurnal ilmiah melalui pengembangan kapasitas sumber daya manusia tata kelola open journal system (OJS) dan substansi artikel dengan menyiapkan agenda prioritas percepatan akreditasi nasional jurnal ilmiah.

Keempat, peningkatan mutu dosen dan mahasiswa melalui agenda seat-in, kolaborasi penelitian, parisipasi masyarakat, dan publikasi ilmiah kemitraan dosen dan mahasiswa.

(Yudi).

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN