Bedah Buku Terjemahan Puitis Al-Qur’an


Hadir Ya…
Agenda Bedah Buku (Book Overview) Terjemahan Puitis Al-Qur’an




Ini buku monumental dari penulis sekaliber Dr. Jajang A. Rohmana. Buku ini menjelaskan terjemahan Al-Qur’an berbentuk “dangding” dan “pupujian”. Dangding adalah puisi Sunda yang biasa digunakan sebagai lirik tembang Sunda. Pupujian biasa disebut “nadoman” yang kerap disenandungkan di masjid saat menunggu waktu salat.

Dr. Jajang A. Rohmana, penulis buku ini, berhasil menunjukan keindahan diksi dan pencapaian makna. Ditegaskan pula terjemahan puitis tidak terlalu taat pada bahasa sumber. Karya ini menunjukan kreativitas muslim Sunda dalam merespon sastra Arab-Sunda. Terjemahan puitis ini menjadi kontribusi sastra pesantren terhadap sastra Sunda yang dihasilkan melalui negosiasi dengan Bahasa Arab-Qur’an. Begitu buku ini bercerita.

Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag. menyatakan “buku ini membuktikan keindahan Al-Qur’an bisa didekati dengan pelbagai Bahasa, termasuk Bahasa Sunda”. Profesor ahli tafsir ini berkenan tampil untuk melakukan overview buku ini.

Agenda overview buku dipandu oleh Dr. Ecep Ismail, M.Ag., Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. Agenda ini dilaksanakan Pukul 08.00 s/d. selesai di Aula Kopertasis Jl. AH. Nasution No. 105 Bandung, Selasa, 05 Nopember 2019.


Overview ini terbuka untuk umum dengan target 300 peserta. Kegiatan ini merupakan rangkaian milangkala Jurusan IAT yang diselrnggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan IAT Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung.

Hadir jangan dilewatkan ya !

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS