-->

Notification

×

Iklan

Iklan

BIMBINGAN SKRIPSI CEPAT

Wednesday, November 27, 2019 | 9:58:00 PM WIB Last Updated 2019-11-27T14:58:11Z

Seorang mahasiswa membuat janji bertemu untuk bimbingan naskah akhir skripsi.



Mula-mula saya melihat rumusan masalah (yang merupakan problem akademik) dan pertanyaan penelitian (yang berperan mengurai pokok-pokok problem akademik). Saya perhatikan apakah rumusan masalah dan pertanyaan penelitian bersesuaian dengan kerangka berpikir, yaitu konsep-konsep yang saling terhubung yang menggambarkan materi (isi) skripsi. Saya cermati pula apakah metodologi dan terutama pendekatan yang dia pilih telah digunakan atau telah dioperasikan. Lalu saya buka bab II dan bab III serta bab IV, apakah telah menjawab seluruh pertanyaan penelitian yang diajukan, dan apakah temuan atau hasil penelitian telah ditunjukan dengan baik, serta apakah analisis atau pendekatan telah dijalankan secara terfokus. Selanjutnya, saya lihat apakah penelitian ini telah menghasilkan kesimpulan.

Setelah itu, saya lihat kemampuan menuliskan abstrak. “Latarbelakang satu kalimat saja, langsung ke pokok masalah (problem akademik), boleh juga paparkan pertanyaan penelitian”, ucapku. Paragraf kedua sebutkan tujuan dan manfaat penelitian. Paragraf ketiga uraikan konsep-konsep utama kerangka berpikir secara padat. Paragraf keempat tuturkan metodologi dan pendekatan atau analisis yang digunakan. Paragraf kelima tunjukan hasil pembahasan dan kesimpulan.

Terakhir, saya minta untuk perhatikan cara penulisan (spasi, konsistensi, kerapihan), tata bahasa, transletrasi, pengutipan, paraphrase, dan cek plagiarism.

“Selamat menjadi Sarjana, Cepat Tepat Waktu”, kataku mengakhiri peristiwa bimbingan akhir.

Bandung, 27 Nopember 2019
Yudi Wahyudin Darmalaksana

×
Berita Terbaru Update