CARA OPERASI TOOL REFERENCES UNTUK TUGAS MAKALAH

Tulisan ini bertujuan memaparkan cara mengoperasikan berbagai tool dalam penggunaan aplikasi references untuk penyusunan makalah. Tulisan ini dibuat untuk acuan pelatihan efektif pengutipan rujukan makalah.



Dunia perkuliahan merupakan peristiwa keseharian yang tidak akan terlepas dengan urusan makalah. Makalah adalah sebuah karya tulis yang memiliki sifat ilmiah yang berisi pembahasan mengenai suatu topik tertentu. Aplikasi references penting digunakan dalam menyusun makalah. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola pengutipan rujukan yang diambil dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku, laporan, website, dan wawancara. Terdapat ragam aplikasi references yang dapat digunakan antara lain sarana yang tersedia di internal Microsoft Word.


Pembuatan makalah untuk tugas perkuliahan diarahkan menggunakan aplikasi references. Caranya ialah kumpulkan seluruh sumber rujukan dan mulai mengisikan rujukan-rujukan tersebut ke dalam aplikasi references. Semua rujukan dipilah berdasarkan kategori semisal jurnal, buku atau wawancara. Sebelum diisikan ke dalam aplikasi references lebih baik simpan terlebih dahulu semua rujukan di dalam folder computer untuk diklasifikasikan berdasarkan berbagai kategori tadi.

Penggunaan aplikasi references mempunyai beberapa manfaat:
1.  Pengelolaan kutipan menjadi terorganisasi dengan baik;
2.  Beralih dari cara pengutipan manual fote note menjadi otomatis berbasis aplikasi;
3.  Mengikuti konvensi dunia tentang ketentuan pengutipan untuk karya ilmiah;
4.  Menghindari semangat copy paste secara berlebihan dalam penyusunan makalah.

Tentu masih banyak manfaat lainnya yang tidak dijelaskan di sini. Hal paling penting ialah segera tunaikan pelatihan penggunaan aplikasi ini di kelas-kelas perkuliahan. Paling lambat mahasiswa semester II sudah menguasai penggunaan aplikasi references secara praktis.


Bandung, 28 Nopember 2019
Yudi Wahyudin Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS