Bimbingan Skripsi Penelitian Konseptual Hadis

Ini sebuah draf proposal penelitian skripsi sebagai output (keluaran) dalam bentuk kertas kerja dari proses bimbingan.


Peoses bimbingan berlangsung antara Wahyudin Darmalaksana sebagai pembimbing II dan Muhamad Risal Salman A. mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Rencana skripsi berjudul Ujaran Kebencian dalam Perspektif Hadis (Kajian Tematik atas Hadis dalam Kutubut Tis'ah).

Hasil bimbingan menghasilkan kertas kerja di bawah ini:


Saya melihat proposal yang diajukan sebagai kategori penelitian konseptual yang dibedakan dengan penelitian eksperimen. Atau kategori penelitian teoritis bukan penelitian praktis. Sehingga masalah penelitian konseptual tidak perlu didasarkan atas kesenjangan antara keharusan dan kenyataan cukup fokus ke dalam konsep yang dalam hal ini adalah Ujaran Kebencian Perspektif Hadis.

Tugasnya adalah melakukan identifikasi masalah mengapa tema tersebut perlu diteliti. Ternyata sebagai suatu celah masalah berdasarkan penelitian pendahuluan ditemukan bahwa secara umum terdapat hadis-hadis yang berkaitan erat dengan tema ujaran kebencian. Terkadang Nabi Saw. merespon langsung terhadap ungkapan kebencian. Hadis juga menegaskan bahwa lontaran kata kafir terhadap sesama muslim berefek memantulkan ucapan tersebut kepada orang yang melontarkan ucapan itu. Pun pula hadis menyatakan bahwa tidak semua ungkapan yang bernada kebencian bukanlah merupakan bentuk ujaran kebencian bergantung kepada konteks yang melatarbelakanginya.

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, term ujaran kebencian dalam pembendaharaan teks hadis tampak merupakan subjek yang masih memerlukan penjelasan secara secara memadai. Karena itu, pelaksanaan penelitian ini telah memenuhi kelayakan.


Setelah masalahnya teridentifikasi, giliran berikutnya rumusan masalah, yaitu: "Terdapat ambiguitas term ujaran kebencian di dalam hadis". Pertanyaannya, ialah:
1. Bagaimana pandangan umum ujaran kebencian?
2. Bagaimana term-term yang berkenaan dengan ujaran kebencian di dalam hadis?
3. Bagaimana tema-tema ujaran kebencian berdasrkan petunjuk teks-teks hadis?


Tegaslah, tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tema-tema ujuran kebencian menurut hadis.

     
Tinjauan pustaka sangat penting untuk melihat penelitian terdahulu berikut topik, metodologi, analisis, temuan-temuan, dan kesimpulan. Sisi penting lainnya ialah untuk melihat posisi penelitian yang akan dilaksanakan dibandingkan penelitian yang telah ada.


Terdahulu telah ditemukan fokus masalah, telah ditegaskan pula tujuan penelitian, dan telah dilakukan pula tinjauna pustaka. Semua itu akan memudahkan dalam menyusun kerangka berpikir sebagaimana rancangan awal dalam gambar di atas.


Penelitian ini ditetapkan sebagai jenis penelitian kualitatif. Meskipun penelitian kualitatif, namun idealnya dilakukan dua studi, yakni studi literatur dan studi lapangan untuk memotret fakta-fakta di masyarakat dan untuk pengambilan data melalui wawancara. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan tematik.


Bagian akhir adalah sistematika dengan susunan sebagai berikut: Bab I pendahuluan; Bab II jawaban atas pertanyaan (1) sesuai dengan kerangka berpikir tentang pandangan umum ujaran kebencian; Bab III jawaban atas pertanyaan (2) sesuai dengan kerangka berpikir meliputi display hadis-hadis yang berkenaan dengan ujaran kebencian; Bab IV jawaban atas pertanyaan (3) sesuai kerangka berpikir menyangkut analisis hadis-hadis ujaran kebencian secara tematis.

Demikian kertas kerja awal dari proses bimbingan untuk tindak lanjut dalam pelaksanaan penelitian skripsi.


Bandung, 13 Nopember 2019
Wahyudin Darmalaksana

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN