Critical Thinking In Higher Education
Wahyudin Darmalaksana
Faculty of Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan mendiskusikan peran keterampilan berpikir kritis di pendidikan tinggi.
Penulisan ini menggunakan metode literature review terhadap tulisan-tulisan
terkini seputar keterampilan berpikir kritis. Tulisan ini membahas pengertian
berpikir kritis dan mendiskusikan peran keterampilan berpikir kritis di pendidikan
tinggi, Hasil pembahasan menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis memiliki
peran vital dalam pembangun berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
keterampilan berpikir kritis dapat berkembang dengan melakukan verifikasi
terhadap informasi baru untuk membentuk pengetahuan sistematis. Tulisan ini
merekomendasikan pendidikan tinggi perlu mengembangkan role models tentang
keterampilan berpikir kritis dari aspek manajemen, kurikulum, dan pengajaran.
Kata
Kuci: Berpikir Kritis, Pendidikan Tinggi, Penguatan Skill
I
Apa
itu berpikir kritis? Berpikir kritis adalah tujuan pendidikan yang diterima
secara luas. Definisinya diperdebatkan, tetapi definisi yang tumpeng tindih dapat
dipahami sebagai konsepsi dari dasar yang sama, yakni pemikiran yang cermat
diarahkan ke suatu tujuan. Konsepsi berbeda sehubungan dengan ruang lingkup
pemikiran, jenis tujuan, kriteria dan norma untuk berpikir dengan hati-hati,
dan komponen pemikiran yang menjadi fokus. Pengadopsiannya sebagai tujuan
pendidikan telah direkomendasikan atas dasar penghargaan terhadap otonomi siswa
dan mempersiapkan siswa untuk sukses dalam kehidupan dan untuk kewarganegaraan
yang demokratis. Pemikir kritis memiliki kecenderungan dan kemampuan yang
membuat mereka berpikir kritis saat yang tepat. Kemampuan dapat diidentifikasi
secara langsung; disposisi tidak langsung, dengan mempertimbangkan
faktor-faktor apa yang berkontribusi atau menghambat latihan kemampuan. Tes
standar telah dikembangkan untuk menilai sejauh mana seseorang memiliki
disposisi dan kemampuan seperti itu. Intervensi pendidikan telah ditunjukkan
secara eksperimental untuk memperbaikinya, terutama ketika itu mencakup dialog,
pengajaran, dan bimbingan. Kontroversi telah muncul tentang generalisasi
pemikiran kritis lintas domain dan tentang hubungan pemikiran kritis dengan
jenis pemikiran lain (Hitchcock, 2018) .
Berpikir
kritis adalah kemampuan untuk mempertanyakan apa yang kita baca, dengar dan atau
lihat dan untuk tidak hanya menerima apa yang dikatakan kepada kita. Karena
itu, kami memikirkan subjek secara objektif. Ini melibatkan penelitian,
menganalisis semua argumen dan menimbang bukti sehingga kita dapat
mengekspresikan pendapat sendiri, yang didukung oleh bukti atau sumber. Berpikir
kritis adalah sesuatu yang digunakan di semua mata pelajaran. Misalnya, seperti
halnya dalam disiplin ilmu lain, ada perbedaan pendapat, ada bukti yang saling
bertentangan dan ada ketidakpastian, yang merupakan bagian penting dari proses
ilmiah. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkan keterampilan ini untuk
menilai ketidakpastian untuk diri kita sendiri, untuk menilai bukti dan argumen
yang diberikan oleh berbagai peneliti di lapangan dan untuk sampai pada
pemahaman dan kesimpulan kita sendiri tentang sudut pandang siapa yang kita setujui
dan mengapa. Berpikir kritis merupakan keterampilan penting dalam belajar dan
dalam kehidupan. Ini membentuk dasar dari pendidikan di sekolah atau perguruan
tinggi dan terutama di universitas, sehingga kita mungkin menemukan bahwa nilai
kita dapat meningkat dengan lebih banyak menggunakan pemikiran kritis dalam
pekerjaan (Library Team, 2019) .
II
Telah
banyak tulisan yang memberikan perhatian serius terhadap tema keterampilan
berpikir kritis. Terutama tentang bagaimana peran keterampilan berpikir kritis
di Pendidikan tinggi dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Antara lain timbul
pembahasan bahwa berpikir kritis adalah salah satu keterampilan yang diminta
oleh pemberi kerja dalam mencari pelamar kerja, tetapi apakah pekerjaan yang
lebih tinggi cukup untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan ini. Pada
tahun 2018, responden mendapat skor lebih rendah pada setiap pertanyaan
dibandingkan dengan 2017, dan 52 persen responden tahun lalu menerima nilai
gagal (Ascione, 2019) .
Saat
ini merupakan era teknologi informasi, terdapat informasi yang melimpah di
internet yang sangat membutuhkan keterampilan berpikir kritis. Beberapa tulisan
menegaskan mengapa siswa harus berpikir kritis tentang media (Jahn & Kenner, 2018) . Ini merupakan
tanggungjawab manajemen, kurikulum dan pengajaran. Manajemen pendidikan dan
profesor memiliki tanggung jawab strategis bersama untuk memfasilitasi pemikiran
kritis (Erikson, 2019) . Ada banyak
informasi di internet untuk mengembangkan pengetahuan sistematis, tetapi terdapat
banyak pula berita palsu. Pendidik perlu melakukan lebih banyak untuk membantu
siswa memahami cara mengevaluasi informasi (Connolly, 2017) .
Model
keterampilan berpikir kritis merupakan subjek yang perlu dirumuskan di pendidikan
tinggi. Sedikit yang diketahui tentang bagaimana mengembangkan keterampilan dan
sikap berpikir kritis pengajar terhadap pengajaran berpikir kritis (Janssen, et al., 2019) . Padahal, semua
siswa mampu belajar kreatif dan, jika diberi pengasuhan dan motivasi yang
tepat, mereka dapat belajar untuk beroperasi di tingkat pembelajaran kreatif
yang lebih tinggi (Patrick, 2019). Penelitian dari 30 tahun terakhir
menunjukkan bahwa anak-anak muda jauh lebih mampu untuk terlibat dalam
penalaran yang pernah kita pikirkan (Barshay, 2019) . Meskipun siswa
menyadari apa keterampilan berpikir kritis dan penulisan kritis, mereka
membutuhkan instruksi eksplisit tentang bagaimana menerapkan dan menunjukkan
konsep-konsep ini dalam tugas mereka (Ahmed, 2018) . Lembaga pendidikan perlu
memasukkan pelatihan menyeluruh yang berfokus pada pendidikan untuk pembangunan
berkelanjutan ke dalam seluruh program untuk memastikan bahwa para pengajar
memberikan pelatihan awal mereka dengan baik, siap untuk menjamin tujuan pembangunan
berkelanjutan (Straková & Cimermanová,
2018) .
III
Keterampilan
berpikir kritis dapat berkembang dengan melakukan intervensi terhadap informasi
baru untuk membentuk pengetahuan sistematis. Tulisan ini merekomendasikan pendidikan
tinggi perlu mengembangkan peran tentang keterampilan berpikir kritis dari
aspek manajemen, kurikulum, dan pengajaran.
Daftar Pustaka
Ahmed, K. (2018). Teaching Critical
Thinking and Writing in Higher Education: An Action Research Project. Teacher
Education Advancement, 74-84.
Ascione, L. (2019, January 30). e-Campus
News. Retrieved from ecampusnews.com:
https://www.ecampusnews.com/2019/01/30/higher-ed-must-help-students-improve-critical-thinking-skills/
Barshay, J. (2019, September 9). Hec
Hinger Report. Retrieved from hechingerreport.org:
https://hechingerreport.org/scientific-research-on-how-to-teach-critical-thinking-contradicts-education-trends/
Connolly, F. (2017, September 2). Edsurge.
Retrieved from Edsurge.com:
https://www.edsurge.com/news/2017-09-02-why-higher-ed-needs-to-bridge-the-critical-thinking-skills-gap
Erikson, M. G. (2019). Supporting
Critical Thinking in Higher Education. Belgium: European University
Association: Learning & Teaching Forum paper.
Hitchcock, D. (2018, July 21). Stanford
Encyclopedia of Philosophy. Retrieved from plato.stanford.edu: https://plato.stanford.edu/entries/critical-thinking/
Jahn, D., & Kenner, A. (2018).
Critical Thinking in Higher Education: How to foster it using Digital Media.
In D. Kergel, & e. al., The Digital Turn in Higher Education (pp.
81-109). Holland: Springer.
Janssen, E. M., Mainhard, T.,
Buisman, R. S., Verkoeijenc, P. P., Heijltjes, A. E., Peppen, L. M., &
Gog, T. (2019). Training higher education teachers’ critical thinking and
attitudes towards teaching it. Contemporary Educational Psychology,
310-322.
Library Team. (2019). Understanding
Critical Thinking. England: The University of Leeds.
Straková, Z., & Cimermanová, I.
(2018). Critical Thinking Development: A Necessary Step in Higher Education
Transformation towards Sustainability. Sustainability, 2-18.