Dr. Deden Effendi, M.Ag: SCIENTIFIC CONSORTIUM & ENTERPRENEURIAL UNIVERSITY

Scientific Consortium dan Enterpreneurial University

Dr. Deden Effendi, M.Ag.
Ketua WMI UIN SGD Bandung

Uniiversita-universitas saat ini dihadapkan pada perubahan politik dan ekonomi. Tuntutan masyarakat  atas kemudahan akses masuk universitas, harapan pemerintah atas kontribusi universitas bagi pembangunan nasional, serta tuntutan penerapan prinsip tatakelola telah melahirkan konteks baru bagi perkembangan pendidikan tinggi. Universitias tidak lagi sekedar bagian sistem pendidikan nasional yang dilindungi pemerintah dan berubah melalui kajian dan riset mendalam. Sekarang, universitas harus bersaing untuk mendapatkan mahasiswa, penelitian, dan pembiayaan. Universitas dituntut untuk memiliki kualifikasi kewirausahaan, "enterpreneurial university".

Beberapa indikator menyahihkan transformasi yang telah dilakukan  UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari "teaching university" ke "research university". Eksistensi dan gengsi hasil penelitian para dosen sudah diakui pada tingkat nasional. Tantangan berikutnya adalah mengembangkan dari "product based reseach" ke "market based research", agar transformasi UIN berlanjut menuju "enterpreneurial university". Sesuai dengan status kelmbagaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, PTN-BLU, maka akan terjadi komersialisasi produk akademis, tetapi tetap lebih mementingkan "public value".

Untuk memenuhi tuntutan pasar, pendekatan holistik tidak dapat dihindarkan. Dalam konteks ini, makna dan peran konrsium keilmuan sangat signifikan.

Bandung, 17 Nopember 2019
Dr. Deden Effendi, M.Ag., Ketua Konsorsium Wahyu Memandu Ilmu (WMI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN