UIN SGD Bandung Gelar Pemantapan OSKI PTKI

Perguruan tinggi memiliki tantangan untuk melakukan penguatan sain dan inovasi. Tantangan ini mendapat respon positif dari kalangan akademisi UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Untuk tantangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI. telah menggelar seleksi Olimpiade Sain dan Karya Inovasi (OSKI) pada tanggal 30 Oktober 2019. Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Dr. Hasniah Aliah, M.Si., Dekan Fakultas Sain dan Teknologi (Saintek) bertindak sebagai penanggungjawab seleksi OSKI di lingkungan UIN SGD Bandung.


Saat ini telah terbit keputusan Diktis tentang Penetapan Nominee OSKI PTKI Tahun 2019. Diktis memberikan apresiasi dan penghargaan atas kontribusi para pimpinan, dosen, dan mahasiswa PTKI yang terlibat dalam penyelenggaraan OSKI. Kontribusi ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta dan kualitas PTKI terutama di bidang sain dan karya inovasi yang lebih baik.


Diktis memberikan bantuan kepada para nominee yang digunakan untuk pembiayaan transportasi dan uang harian dari kampus yang bersangkutan menuju lokasi kegiatan OSKI tingkat nasional. Adapun akomodasi dan konsumsi selama kegiatan OSKI akan dibebankan oleh panitia lokal di Makassar. Para nominee diwajibkan mengikuti kegiatan OSKI yang akan diselenggarakan hari Kamis-Sabtu, 14-16 Nopember 2019 di The Rindra Hotel Makassar Jl. Metro, Tj. Bunga No. 2 Makassar, Sulawesi Selatan.


UIN SGD Bandung raih nominee di bidang fisika, bidang kimia, bidang matematika, dan bidang karya inovasi mahasiswa dan dosen. "Nominee terdiri atas 16 mahasiswa beserta 7 dosen pembimbing. Jadi, jumlah seluruh nominee 23 orang", ujar Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed., saat menggelar rapat pemantapan di Fakultas Saintek UIN SGD Bandung, Jl. AH. Nasution No. 105 Bandung, Selasa, 05 Nopember 2019.


"Ini peluang untuk penguatan sain dan karya inovasi. Kami mohon doa semoga para nominee olimpiade diberi kelancaran untuk kompetisi meraih sukses", pungkas Dr. Hasniah Aliah, M.Si. di sela-sela rapat pemantapan yang diikuti para nominee OSKI UIN SGD Bandung. Adapun nominee OSKI utusan UIN SGD Bandung sebagai berikut: 

Bidang Fisika
1.    Rizki Hidayatulloh Pembimbing Didin Nasrudin, M.Pd.
2.    Rizky Khaerunisya Pembimbing Rena Agustina

Bidang Kimia
1.    Sabili Abdul Haqqul Mubiin Pembimbing Citra Deliana Dewi Sundari, M.Si.
2.    Nina Nurhayati Pembimbing Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim
3.    Syuqron Habib Ramadhana Al-Aziz Pembimbing Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim
4.    Firman Mohamad Ramdani Pembimbing Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim
5.    Nur Tursina Pembimbing Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim
6.    Neng Hani Handayani Pembimbing Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim
7.    Fikrial Albillah Pembimbing Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim

Bidang Matematika
Qori Yusuf Pangestu Pembimbing Dr. Esih Sukaesih, M.Si   

Karya Inovasi Mahasiswa dan Dosen
1.   Mahasiswa Yuran Ramadhan Dosen Winda Setya “Physics Fun Sebagai Media Pembelajar Fisika Berbasis Virtual”.
2.    Mahasiswa Primaswari Eka Anggraini Dosen Bebeh Wahid Nuryadin “Alat Pendeteksi Hemoglobin dengan TEMT6000 Berbasis Arduino UNO”.


(Yudi)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN