Cara Menggunakan Imajinasi dalam Membangun Kerangka Berpikir Skripsi

Tulisan ini berusaha mengimajinasi kerangka berpikir penelitian konseptual melalui gambaran penelitian engineering (teknik). Imajinasi adalah daya pikir untuk menggambarkan sesuatu.


Kerangka berpikir dalam penelitian engineering (teknik) biasa disebut framework (kerangka kerja). Sebuah desain yang tersusun dan terstruktur dengan rapih yang dikerjakan dalam penelitian. Ini secara tegas dibedakan dengan metode penelitian sebagai cara dan langkah-langkah mengumpulkan data.

Bagaimana framework atau kerangka berpikir dalam penelitian konseptual? Penelitian konseptual dibedakan dengan penelitian eksperimen yang biasanya untuk mengukur sesuatu. Kerangka berpikir dalam penelitian konseptual sama saja dengan framework dalam penelitian engineering (teknik). Sama-sama sebagai desain penelitian.

Bedanya adalah framework dalam penelitian engineering (teknik) menggambarkan hubungan antar-aplikasi antara aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lain, sedangkan kerangka berpikir menggambarkan hubungan antar-komsep antara konsep yang satu dengan konsep yang lain. Sehingga terbentuklah sebuah gambaran konsep atau aplikasi yang saling terhubung untuk pekerjaan atau pelaksanaan penelitian.

Saya di lain tempat menyebut kerangka berpikir sebagai "jantung penelitian". Kerangka berpikir dalam sebuah proposal penelitian akan terkait erat dengan tinjauan pustaka dan metodologi penelitian. Ke bagian sebelumnya dia akan terkait dengan tinjauan pustaka tentang penelitian terdahulu dan konsep-konsep yang dirujuk untuk penelitian selanjutnya. Ke bagian setelahnya dia akan terkait dengan metode penelitian menyangkut cara serta langkah-langkah pengambilan data tadi.

Kali ini saya menyebut kerangka berpikir sebagai desain penelitian. Desain bisa dilihat sebagai bentuk dan sebagai sifat. Desain dalam arti bentuk berupa arsitektur sedangkan desain dalam arti sifat berupa prosedur dalam menciptakan objek baru. Di sini, prosedur bukan dalam arti metode, melainkan teknik dalam perencanaan penelitian untuk membangun struktur dan susunan yang menghasilkan model atau cetak biru penelitian.

Kerangka berpikir dalam bentuk gambar atau bagan akan lebih mudah dilihat dan dijelaskan. Di situ, akan terlihat alur dari awal ke akhir, akan terlihat struktur dari atas ke bawah, dan atau akan terlihat susunan dari kepala sampai kaki. Membuat kerangka berpikir ibarat merancang bangunan sebuah rumah. Jika isi sebuah penelitian disebut rumah yang sesungguhnya, maka kerangka berpikir merupakan miniaturnya.

Silahkan berimajinasi untuk merencanakan penelitian skripsi. Buatlah miniatur, dan kerjakan penelitian skripsi sesuai dengan miniaturnya. Hindari menulis skripsi terlepas dari miniatur. Untuk itu kita berlatih yuk !


(Yudi)


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS